The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Sekadar Liburan, Ini Makna Self Healing yang Harus Kamu Pahami
Ilustrasi self healing. (FREEPIK/benzoix)
Health

Bukan Sekadar Liburan, Ini Makna Self Healing yang Harus Kamu Pahami

Jangan salah artikan lagi.

Selasa, 27 September 2022 12:00 WIB 27 September 2022, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Makna dari self healing atau penyembuhan diri sering kali diterjemahkan masyarakat sebagai kegiatan rekreasi atau liburan.

Psikologi klinis dan forensik A. Kasandravati Putranto mengajak masyarakat untuk bisa memahami makna self healing yang sebenarnya.

"Tidak sedikit dari masyarakat yang beranggapan bahwa self healing berarti berpergian ke tempat mahal atau sekedar jalan-jalan yang menghabiskan uang. Padahal tidak semua orang dapat disembuhkan dengan cara tersebut," kata Humas Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia itu, dikutip dari Antara.

Baca juga: Dear Cewek, Stres saat Menstruasi Bisa Diatasi dengan 'Self Healing'

Self healing yang populer dikalangan anak muda saat ini sering diikuti dengan pemenuhan kebutuhan merawat diri, padahal hal tersebut bisa mengandung risiko semakin stres dan merasakan beban yang bertambah.

Kasandra menjelaskan bahwa self healing merupakan sebuah proses penyembuhan yang dilakukan secara mandiri dari luka batin, trauma atau mental yang sudah terlalu lelah.

"Secara psikologis, mereka yang membutuhkan self healing adalah mereka yang mengalami kejadian atau kondisi yang menantang secara emosional atau mungkin mengalami masalah kesehatan baik fisik maupun mental," kata Kasandra.

Menurut Kasandra, self healing atau penyembuhan diri juga merupakan metode yang dapat dilakukan dalam kondisi baik itu sakit maupun sehat.

Baca juga: Arti Self Healing, Self Care, Self Reward dan Self Love, Istilah yang Lagi Tren di Medsos

Mengutip dari Tchiki Davis dari Berkeley Well-Being Institute, Kasandra mengatakan sejumlah cara healing yang dapat dilakukan antara lain memiliki rasa belas kasih terhadap diri sendiri, mempunyai waktu tidur cukup, melatih pernapasan, meditasi, mendengar musik yang menenangkan, konsumsi makanan sehat, olahraga atau minum teh herbal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US