The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingin Cari Tempat untuk Self Healing? Ini 4 Rekomendasi Wisata yang Menenangkan
Pemandangan wisata di Danau Toba yang bisa jadi self-healing. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Travel

Ingin Cari Tempat untuk Self Healing? Ini 4 Rekomendasi Wisata yang Menenangkan

Kamis, 18 November 2021 18:35 WIB 18 November 2021, 18:35 WIB

INDOZONE.ID - Berasal dari bahasa Inggris, Self Healing dikenal sebagai cara penyembuhan diri mengacu pada proses pemulihan. Proses semacam ini bisa melalui motivasi, dukungan, atau pun melakukan kegiatan yang bisa mencari ketenangan.

Keterkaitan luka di hati dan depresi menjadi kontribusi yang membuat pikiran tidak berjalan secara produktif. Bahkan, bisa menimbulkan emosi-emosi negatif. 

Oleh karenanya, self healing bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi diri sendiri untuk menerima ketidaksempurnaan, keyakinan terus hidup, dan mendorong mereka pada kesembuhan mental.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan self healing itu, seperti melakukan me time atau yang biasa dikenal sebagai meluangkan waktu untuk sendiri.

Meluangkan waktu sendiri terkadang dapat membawa pikiran untuk membantu seseorang agar merasa lebih bermakna. Hal ini agar dirinya dapat mengalirkan emosi negatif untuk melepaskan kesedihan, kekecewaan, kemarahan, hingga perasaan merasa kehilangan. 

Maka dari itu, meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat memperoleh ketenangan jiwa dan pikiran, salah satunya dengan melakukan traveling, atau ke tempat wisata. Di sini, penulis telah merangkum empat rekomendasi wisata yang menenangkan.

4. Raja Ampat

raja ampat
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Siapa yang tidak mengenal dengan lokasi wisata indah di Indonesia, Raja Ampat? Tentu banyak yang mengenalnya. Lokasi wisata ini dibilang cukup nyaman dan menenangkan para pengunjungnya karena akan disuguhkan dengan pemandangan hijau dan biru.

Pemandangan hijau dari tanaman yang berkilauan bak semesta, dan biru yang membawa pikiran menjadi lebih jernih. Meski sulit dijangkau, wisata ini sering mendapatkan kunjungan turis asing.

raja ampat
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat, Kabupaten Waisai, yang memiliki 610 pulau, termasuk kepulauan Raja Ampat. Dari seluruh pulau hanya 35 pulau yang berpenghuni, sebagian besarnya masih belum memiliki nama.

3. Lombok

lombok
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Pulau Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini juga menjadi salah satu rekomendasi wisata yang bisa menenangkan. Pengunjung akan diberikan pemandangan yang meriah dengan suasana alam yang luar biasa.

Lombok sendiri memiliki makna Bahasa Sasak dan sering disebut 'Lomboq', yang memiliki makna Lurus. Tempat wisata ini juga sering dikunjungi karena dikenal dengan warga setempat yang cukup ramah.

lombok
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Tidak hanya dengan pemandangan pantainya saja, Lombok juga memiliki banyak wisata menenangkan seperti Air Terjun Sendang Gile, Danau Segara Anak, Gili Trawangan, dan Pantai Kuta Lombok.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Kanker Limfoma Yang Dialami Ari Lasso

2. Danau Toba

danau toba
Pemandangan matahari terbit di Danau Toba. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Wisata lainnya yang bisa memberikan kamu penyembuhan diri dengan menemukan ketenangan, yakni Danau Toba. Wisata yang terletak di Sumatra Utara ini merupakan danau yang terbentuk dari letusan gunung api terbesar se-dunia.

Danau ini memiliki panjang 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer. Selain pemandangan alam yang berlimpah - yang akan memanjakan mata, pengunjung juga akan menemukan ketenangan lewat berbagai jenis flora dan fauna.

danau toba
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Berbagai wisata lainnya seperti, perahu, perkampungan batak, Pulau Samosir yang ada di tengah danau, Desa Tongging, Pulau Sibandang, rumah-rumah adat tradisional, Air Terjun Sipiso-piso dan masih banyak lagi.

Wisata ini menjadi panorama yang cukup mendukung untuk menemukan motivasi hidup akan jati diri seseorang. Secara mistis dan disarankan, pengunjung bisa menemukan self healing dengan datang ke Danau Toba dengan dan pulang dengan perasaan yang lega.

1. Bali

bali
Bali. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Tempat yang paling banyak dicari wisatawan mancanegara adalah Bali. Indonesia cukup terkenal dengan daerah wisatanya karena Bali menawarkan banyak keunikan dan keindahan alam. Bak syurga di dunia nyata, Bali menjadi lokasi dengan wisatawan paling banyak di Tanah Air.

Berbagai tempat di Bali dapat menawarkan pengunjung self-compassion atau kemampuan untuk memahami keadaan emosi diri. Kemudian, pengunjung dapat menemukan makna pengalaman yang ditingkatkan secara positif untuk menghilangkan peristiwa buruk di hidupnya.

bali
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Oleh karena itu, wisata di Bali juga menawarkan banyak cara untuk melatih diri untuk menghilangkan penyesalan hidup. Banyak lokasi yang secara ekspresif membantu pengunjung untuk mengutarakan perasaan yang dialaminya agar keluar dari zona nyaman dan keluhan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US