The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Self Healing, Penyembuhan Luka Batin dengan Bantuan Diri Sendiri, Berikut Caranya
Ilustrasi (Freepik)
Health

Mengenal Self Healing, Penyembuhan Luka Batin dengan Bantuan Diri Sendiri, Berikut Caranya

Minggu, 31 Oktober 2021 17:43 WIB 31 Oktober 2021, 17:43 WIB

INDOZONE.ID - Self healing merupakan proses pemulihan luka batin masa lalu yang disebabkan oleh diri sendiri atau orang lain. Pada umumnya, luka batin diakibatkan oleh gangguan psikologis, trauma, atau semacamnya. 

Beberapa luka batin ada yang bisa disembuhkan oleh diri sendiri, namun ada pula yang membutuhkan bantuan pakar. 

Dalam psikologi, self healing memiliki arti penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari penderitaan. 

Self healing dilakukan dengan tujuan untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi.

Nah, bagi kalian yang sedang galau atau bertengkar dengan pemikiran sendiri, self healing mungkin bisa menjadi salah satu solusi. 

Untuk melakukan self healing ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Simak di sini.

1. Berpikir Positif pada Diri Sendiri

Sugesti positif merupakan cara terbaik untuk melawan pikiran negatif. Hal ini dapat dimulai dengan berbicara lembut terhadap diri sendiri dengan mengatakan bahwa hari ini dilalui dengan baik, bahwa kamu kuat, dan berjanji untuk menjadikan penyesalan atau kegagalan sebagai kekuatan untuk bangkit.

Sebelum berpikir positif, kamu perlu melakukan relaksasi untuk menenangkan pikiran terlebih dahulu.

2. Memaafkan Diri Sendiri

Hidup dengan rasa bersalah terus-menerus hanya akan merugikan diri sendiri. Memaafkan orang lain atau memaafkan diri sendiri atas apa yang sudah terjadi memang sulit, tetapi dengan cara ini, kamu bisa melepaskan apa yang telah terjadi dan melanjutkan hidup tanpa beban masa lalu.

Dengan memaafkan, kamu telah berhasil mengatasi stres, melepaskan luka serta keresahan yang selama ini mengganggu. 

Ilustrasi
Ilustrasi (Freepik)

3. Menerima Diri Sendiri

Permasalahan yang sering terjadi pada diri sendiri yaitu kita tidak bisa menerima diri sendiri apa adanya. Malah justru ingin menjadi seperti orang lain.

Hal itu membuat segalanya buruk karena kita terlalu berkonsentrasi pada situasi yang tidak nyata.

Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak menerima diri sendiri apa adanya, dengan sisi baik dan buruk serta dengan kegagalan masa lalu. Hal semacam itu sangat dibutuhkan untuk melakukan self healing.

Baca juga: Lagi Galau? Ini 3 Destinasi Wisata di Sumut yang Cocok Dikunjungi Sambil Self Healing

4. Lakukan Me Time

Dalam self healing terkadang kamu membutuhkan waktu untuk sendiri. Jauh dari orang-orang yang ada di sekitar kamu dapat menenangkan diri dan membuat keputusan atas apa yang akan dijalani berikutnya. 

Kamu bisa pergi ke suatu tempat yang tenang seorang diri sambil mengistirahatkan tubuh, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk. Cobalah untuk mencintai diri sendiri dan menciptakan kebahagiaan. 

Ilustrasi
Ilustrasi (Freepik)

5. Buat Jurnal What To Do List

Membuat jurnal perencanaan apa yang ingin dilakukan akan membantu kamu merasa lebih baik secara emosional yang pada akhirnya memiliki efek positif terhadap tubuh.

Misalnya membuat rencana berjalan 10 ribu langkah setiap hari, makan lima porsi buah dan sayuran, atau bermeditasi setiap malam. Pastikan semua rencana itu terealisasi. 

Setelah rencananya itu terealisasi jangan lupa untuk mencentangnya. Hal tersebut akan membantu kamu tetap termotivasi, dan juga memberi dorongan positif.

Ilustrasi
Ilustrasi (Freepik)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Putri Octapia Saragih
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US