The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Gejala Penyakit Tiroid Harus Diwaspadai, Termasuk Berkeringat Tiba-tiba
Ilustrasi kecemasan. (Pexels/Engin Akyurt)
Health

5 Gejala Penyakit Tiroid Harus Diwaspadai, Termasuk Berkeringat Tiba-tiba

Kenali ya.

Jumat, 16 Juli 2021 06:01 WIB 16 Juli 2021, 06:01 WIB

INDOZONE.ID - Penyakit tiroid bisa menyerang anak muda hingga orang tua. Penyakit ini disebabkan oleh kelainan bentuk atau fungsi kelenjar tiroid.

Gejala tiroid pada awalnya tidak terlalu jelas. Namun ada beberapa tanda yang bisa kamu waspadai sebagai gejala penyakit tiroid seperti dilansir dari Thehealthy.

1. Perubahan Tidur

Jika kamu biasanya tidur nyenyak, tetapi tiba-tiba tidak bisa tidur nyenyak sepanjang malam, ini tanda ada masalah pada tiroid. Ahli endokrinologi Mayo Clinic, Hossein Gharib mengatakan tiroid yang terlalu aktif memompa keluar hormon tertentu secara berlebihan dapat merangsang sistem saraf pusat secara berlebihan dan menyebabkan insomnia.

2. Kecemasan yang Tiba-tiba

Kamu tidak pernah merasakan kecemasan yang luar biasa, tapi kali ini tanpa alasan kamu merasa cemas dan gelisah berkepanjangan. Ini mungkin tanda tiroid kamu hiperaktif. Ahli endokrinologi di RS Mount Sinai Roosevelt di New York City, Ashita Gupta mengatakan terlalu banyak hormon tiroid sering menyebabkan pasien merasa gelisah atau cemas.

3. Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar

Gupta mengatakan hormon tiroid juga berperan dalam menjaga saluran pencernaan tetap berjalan. Sering sembelit bisa menjadi gejala tiroid yang kurang aktif. Sebaliknya, tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan diare.

BACA JUGA: Makanan yang Bagus Dikonsumsi saat Terinfeksi Covid-19

4. Rambut Menipis

Penipisan rambut, terutama pada alis adalah gejala selanjutnya. Tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif membuang siklus pertumbuhan rambut. Ketika hormon tiroid tidak seimbang, pertumbuhan rambut menjadi terhambat.

5. Berkeringat Tiba-tiba

Berkeringat saat kamu tidak melakukan aktivitas fisik bisa jadi tanda tiroid hiperaktif. Gupta mengatakan tiroid mengatur produksi energi tubuh. Tingkat hormon yang lebih tinggi dari normal membuat metabolisme meningkat, sehingga menyebabkan orang berkeringat.

Selain lima gejala di atas, ada gejala lain yang perlu diwaspadai antara lain: kenaikan berat badan yang tidak biasa, berat badan yang menurun, kabut otak, jantung berdebar-debar saat santai, merasa ingin tidur siang terus, hingga periode menstruasi yang tidak normal.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US