The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Batuk Melanda saat Udara Buruk, Berikut 3 Cara Alami Mengatasinya
Ilustrasi batuk (freepik)
Health

Batuk Melanda saat Udara Buruk, Berikut 3 Cara Alami Mengatasinya

Sabtu, 28 November 2020 11:58 WIB 28 November 2020, 11:58 WIB

INDOZONE.ID - Batuk, masalah kesehatan yang paling umum terjadi pada semua orang. Batuk sendiri tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Batuk merupakan tindakan refleks yang sangat normal dan alami yang membantu membersihkan saluran udara dari iritasi.

Tapi batuk terus-menerus bisa menyebabkan iritasi dan membuat terjaga sepanjang malam dan ini tentu saja sangat mengganggu.

Nah, berikut ini cara menghentikan batuk dengan pengobatan alami. Apa saja ya?

1. Madu

Sifat antioksidan, antimikroba, dan antiradang pada madu dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Campurkan 2 sendok teh madu dalam teh herbal atau air hangat serta lemon, kemudian minum dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

madu
Madu (Pexels/Mareefe)

2. Jahe

Sifat anti-inflamasi pada jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara dan mengurangi masalah batuk. Menyeruput teh jahe atau jus jahe dengan madu dan lada hitam adalah salah satu solusi paling efektif untuk mengobati batuk. Tapi jangan terlalu banyak konsumsi jahe karena bisa menyebabkan sakit perut dan mulas.

jahe
Jahe (freepik)

3. Peppermint

Peppermint mengandung senyawa yang disebut mentol, yang dapat membuat ujung saraf di tenggorokan mati rasa akibat batuk. Itu artinya mint dapat meredakan nyeri dan iritasi tenggorokan. Tak hanya itu saja, peppermint juga dapat membantu mengurangi hidung tersumbat.

Peppermint
Peppermint (freepik)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US