The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bersejarah! 60 Tahun Setelah Kasus Pertama, Penyembuhan HIV Akhirnya Diuji ke Manusia
Ilustrasi. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Health

Bersejarah! 60 Tahun Setelah Kasus Pertama, Penyembuhan HIV Akhirnya Diuji ke Manusia

Senin, 20 September 2021 22:48 WIB 20 September 2021, 22:48 WIB

INDOZONE.ID - Penelitian untuk penyembuhan penyakit HIV kini semakin menemukan titik terang. Sebab, penelitian tentang pengeditan gen CRISPR-Cas9 ke tikus yang menunjukkan keberhasilan, kini telah disetujui untuk menjalani uji klinis pada manusia.

Terapi berbasis CRISPR EBT-101 yang dibuat oleh Excision Biotherapeutics akan segera menjalani uji coba pada manusia setelah menerima izin FDA, sesuai dengan siaran pers perusahaan.

Menurut laporan Excision, dikutip pada Senin (20/9/2021), terapi baru ini dapat menggantikan standar perawatan terapi retroviral yang mencegah replikasi HIV tetapi tidak benar-benar menghilangkannya dari tubuh sepenuhnya.

Terapi tersebut pada dasarnya berarti pasien terus menjalani pengobatan sambil mengalami efek samping parah yang berdampak pada kualitas hidupnya sendiri.

Baca juga: Wanita Ini Dikritik Lantaran Gunakan Pacar Sebagai Kursi saat Menunggu Kereta Api

Dipimpin oleh Dr Kamel Khalili, pelopor dalam pengembangan teknologi pengeditan gen berbasis CRISPR, pengobatan baru telah menunjukkan bahwa EBT-101 dapat secara efektif mengeluarkan DNA proviral HIV dari genom sel dan jaringan yang berbeda, termasuk sel manusia yang terinfeksi HIV dan sel dan jaringan tikus manusiawi.

Para peneliti, bekerja sama dengan Tricia H. Burdo, PhD, Associate Professor dan Associate Chair of Education di Departemen Mikrobiologi, Imunologi, dan Peradangan, mengungkapkan bahwa teknologi pengeditan gen juga mampu menghilangkan SIV - virus yang terkait erat dengan HIV, yang berasal dari genom primata non-manusia.

"Uji coba klinis menyoroti suksesi yang diatur dengan baik dari temuan penelitian akademis dari Temple, sekarang dengan terjemahan [dari temuan tersebut] untuk pengobatan untuk orang yang hidup dengan infeksi HIV-1, yang merupakan perkembangan yang menarik," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US