The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Makanan Khas Semarang yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh
Ilustrasi lumpia Semarang (cookpad.com/tyahasanah)
Food

5 Makanan Khas Semarang yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh

Lumpia semarang adalah salah satu yang paling populer

Kamis, 19 Mei 2022 16:13 WIB 19 Mei 2022, 16:13 WIB

INDOZONE.ID - Berkunjung ke Semarang tak lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner. Berbagai menu makanan tentu dapat kamu nikmati. Namun, dari sekian banyak makanan tersebut, ada beberapa makanan khas Semarang yang populer menjadi oleh-oleh. 

Hal ini karena makanan tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan khas. Jadi, beberapa orang sangat suka untuk membawanya pulang untuk menjadi buah tangan atau untuk dimakan saat di rumah. Berikut ini beberapa daftar makanan khas Semarang yang dapat kamu nikmati. 

1. Bandeng Presto 

makanan khas Semarang
Ilustrasi Bandeng Presto (tokopedia.com/snacksmg)

Bandeng presto adalah salah satu makanan khas Semarang yang populer. Sebagaimana namanya, bandeng presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan cara dipresto dengan tujuan untuk memusnahkan duri pada ikan. 

2. Lumpia Semarang

makanan khas Semarang
Lumpia Semarang (cookpad.com/Dian Arisa)

Makanan khas Semarang yang berbahan dasar rebung ini memiliki cita rasa yang nikmat. Kini, lumpia Semarang tak lagi hanya terbuat dari rebung, namun ada juga dari udang, telur, dan daging. 

3. Mochi Wijen

makanan khas Semarang
Mochi Wijen (bukalapak.com/snack nusantara)

Kue mochi wijen adalah salah satu makanan khas Semarang yang juga populer menjadi oleh-oleh. Makanan ini berbentuk bulat dan berbalut wijen dan memiliki berbagai rasa, seperti kacang dan rasa lainnya.

Mochi wijen khas semarang ini terkenal dengan tekstur kenyal saat digigit. Mochi wijen dikenal sebagai cemilan legendaris khas kota Semarang.

4. Tahu Gimbal 

makanan khas Semarang
Tahu Gimbal (guloasem.semarangkota.go.id)

Selain tahu petis, adapun tahu gimbal yang juga menjadi makanan khas Semarang yang bisa dijadikan oleh-oleh. Tahu gimbal adalah tahu goreng dengan irisan lontong, gimbal, tauge, telur, rajangan kol mentah, dan diberi bumbu kacang campur petis udang di atasnya.

Uniknya olahan ini adalah adanya gimbal atau bakwan dengan isian udang. Jika kamu ingin membawa ini sebagai sajina oleh-oleh Semarang, ada baiknya membawa bahan yang tinggal dimasaknya saja. Jadi, makanan akan terhindar dari basi. 

5. Wingko Babat

makanan khas Semarang
Wingko Babat (id.wikipedia.org)

Adapun wingko babat yang juga menjadi makanan khas Semarang yang populer untuk menjadi oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa bakar yang memiliki variasi rasa, seperti cokelat, kelapa muda, dan lainnya. '

Itulah segelintir makanan khas Semarang yang populer menjadi oleh-oleh. Kamu suka yang mana?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US