The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hamburger Basah, 'Obat Mabuk Terenak' Andalan Anak Dugem di Turki: Bentuknya Gimana?
Hamburger basah favorit anak dugem di Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)
Food

Hamburger Basah, 'Obat Mabuk Terenak' Andalan Anak Dugem di Turki: Bentuknya Gimana?

Selasa, 29 November 2022 19:29 WIB 29 November 2022, 19:29 WIB

INDOZONE.ID - Istanbul, Turki, enggak hanya menyuguhkan pemandangan Selat Bosphorus yang spektakuler dan mahakarya bersejarah seperti Istana Topkapi, Masjid Biru, dan Hagia Sophia saja. Kota yang terletak di dua benua, Asia dan Eropa ini juga surganya kuliner tradisional dan aneka jajanan kaki lima.

Salah satunya Islak Hamburger yang berarti Hamburger Basah. Ingin tahu lebih banyak mengenai hamburger ini? Yuk simak beberapa faktanya:

1. Obat Mabuk Terenak

hamburger basah
Hamburger basah favorit anak dugem Istanbul. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Kawasan Taksim, Istanbul bagian Eropa populer sebagai tempat shopping, surga kuliner dan nightlife. Puluhan bar, pub, dan nightclub selalu disesaki clubbers dari berbagai belahan dunia. Pada 2013, Kizilkayalar Bufe, restoran berkonsep prasmanan di area Taksim, memperkenalkan Hamburger Basah.

Makanan cepat saji ini banyak diminati anak-anak muda yang baru selesai dugem. Dengan keunikan rasanya, dalam waktu singkat, Hamburger Basah populer dan dijuluki 'obat mabuk terenak.

hamburger basah
Hamburger basah favorit anak dugem di Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Hamburger Basah yang semula lekat dengan kehidupan malam di Taksim, menjelma jadi jajanan kaki lima yang bisa dinikmati siapapun dan kapan pun. Banyak kedai dan restoran yang kemudian menjual Hamburger Basah. Enggak hanya di Istanbul, tapi juga kota-kota lain di Turki. Harganya sangat terjangkau, sekitar Rp12 ribu.

2. Minimalis tapi Kaya Rasa

hamburger basah
Racikan saus membuat hamburger basah istimewa. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Ukuran Hamburger Basah enggak terlalu besar dan punya tampilan yang sangat sederhana. Hanya terdiri dari roti burger, beef patty, dan saus tomat. Enggak ada potongan selada, bawang bombay dan tomat segar seperti hamburger versi Barat.

Baca juga: Terungkap Rahasia Es Krim Turki Enggak Mudah Meleleh, Ternyata Pakai Salep! Serius?

Meski minimalis, namun rasanya mewah loh. Keistimewaannya terletak pada racikan saus yang terbuat dari campuran tomat, bawang putih dan rempah-rempah. 

hamburger basah
Hamburger basah pertama dijual di area Taksim. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Roti hamburger dipanggang bersama saus, sampai meresap di semua bagian. Teknik ini membuat tekstur roti moist. Hamburger yang siap santap, dimasukkan ke dalam etalase kaca seperti mesin popcorn.

Di bawah etalase terdapat air mendidih yang uapnya menjaga hamburger tetap lembab dan hangat. Ada juga beberapa kedai yang memasak dan menyajikan hamburger secara dadakan. Fresh from the oven!

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Yayan Supriyanto
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US