The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Menu Sarapan Pagi Sehat untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Ilustrasi roti gandum selai (freepik.com)
Food

5 Menu Sarapan Pagi Sehat untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Sarapan sehat memiliki beragam manfaat

Senin, 19 September 2022 16:50 WIB 19 September 2022, 16:50 WIB

INDOZONE.ID - Sebelum melakukan aktivitas di pagi hari, seseorang harus mengisi energi dengan cara sarapan atau makan pagi. Makanan yang dijadikan menu sarapan pagi tentu sangat beragam, apalagi di Indonesia yang memiliki jutaan pilihan makanan yang berbeda di setiap daerahnya. 

Akan tetapi, dari jutaan makanan tersebut, kamu tak bisa asal memilih menu sarapan. Ini karena sarapan yang kamu makan dapat mempengaruhi mood kamu dalam menjalani hari. 

Menu sarapan pagi sehat ini dapat kamu pilih untuk menjaga kesehatan tubuh hingga mood, serta melindungi diri dari berbagai penyakit. Berikut daftarnya! 

1. Sereal 

semangkuk sereal
Ilustrasi sereal (freepik.com)

Sereal merupkana menu sarapan pagi sehat yang berbahan dasar gandum dan disajikan dengan susu dan yoguhrt sesuai selera. Selain lezat, sereal juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. 

2. Oatmeal buah

Oatmeal
Ilustrasi Oatmeal buah (freepik.com)

Tak dapat dipungkiri, oatmeal buah-buahan menjadi salah satu menu sarapan pagi sehat yang paling populer. Menu makanan ini juga berasal dari gandum yang digiling.

Oatmeal memiliki serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan. Kamu bisa memakan oatmeal ini dengan dicampur buah-buahan seperti strawberry dan kismis, untuk menambah nutrisi. 

3. Salad buah atau sayur 

salad buah
Ilustrasi salad buah (freepik.com)

Salad buah atau sayur juga merupakan menu sarapan pagi sehat yang dapat kamu pilih. Kamu bisa mencampur beberapa buah seperti anggur, kiwi, buah naga, dan jeruk. 

Untuk sayuran, kamu bisa mencampur selada, asparagus, brokoli, seledri, buncis, mentimun, dan lainnya. Dengan sarapan sehat salad buah, kamu bisa memperkaya vitamin dan mineral dalam tubuh.

4. Roti gandum panggang atau sandwich 

 roti gandum
Ilustrasi roti gandum (freepik.com)

Menu sarapan pagi sehat lainnya yang bisa kamu pilih adalah roti gandum panggang atau sandwich gandum. Roti gandum memiliki asupan kalori rendah dan nilai gizi yang lengkap, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. 

Kamu bisa menjadikan roti gandum ini roti panggang atau diolah menjadi sandwich menggunakan toaster untuk menambah cita rasa. 

5. Telur

telur
Ilustrasi telur rebus (freepik.com)

Telur juga dapat menjadi menu sarapan pagi sehat karena makanan ini memiliki kandungan protein tinggi yang bisa membentuk antobodi tubuh. Kamu bisa mengolah telur menjadi beberepa menu, seperti direbus, orak-arik, atau dijadikan omelette. 

Nah, itulah beberapa menu sarapan pagi sehat yang dapat kamu konsumsi untuk menambah kesehatan tubuh. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US