The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Penjelasan Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Negara Maritim!
Indonesia. (photo/Ilustrasi/Pexels/ahmad syahrir)
Fakta Dan Mitos

Ini Penjelasan Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Negara Maritim!

Jumat, 30 Juli 2021 13:35 WIB 30 Juli 2021, 13:35 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia sendiri dijuluki sebagai negara Maritim. Hingga saat ini, masih terdapat banyak orang bingung, kenapa Indoensia disebut sebagai negara maritim. Dalam KBBI sendiri, maritim mempunyai arti berkenaan dengan laut, berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan di laut. 

Melansir dari buku 'Saya Indonesia,  Negara Maritimk Jati Diri Negaraku' karya dai Ayu Andriani, negara maritim adalah sebuah negara yang mempunyai kawasan teritorial laut yang sangat luas. Negara Maritim biasanya berbentuk kepulauan atau negara yang mempunyai banyak pulau, serta mempunyai berbagai kekayaan alam dalam laut, dan secara geografis telah dikeliling dengan perairan. 

Indonesia sendiri disebut sebagai negara maritim karena dapat pengakuan dunia, bahwa Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar di dunia. Indonesia mempunyai 17.508 pulau dan pulau-pulau itu terbentang di wilayah Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. 

Secara geografis, luas dari lautan Indonesia diperkirakan dua per tiga lebih besar dibandingkan luas daratannya. Karena itu, Indonesia mempunyai garis pantai sepanjang 81.000 km, dan menjadikannya sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. 

Tidak hanya itu saja, Indonesia juga mempunyai potensi besar menjadi poros maritim dunia dan merupakan unsur penting bagi kemajuan dan kejayaan sebuan negara. Kurang lebih 40% lalu lintas perdagangan barang dan jasa yang diangkut kapal telah melintasi perairan Indonesia. Lautan Indonesia yang juga adalah wilayah Marine Mega-Biodiversity terbesar di dunia. 

Tercatat, terdapat 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, 950 spesies biota terumbu karang. Hal itu membuat Indonesia layak disebut sebagai negara maritim. Mari kita lestarikan dan melindungi lautan, supaya kekayaan flora dan fauna tidaklah punah pada masa mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US