The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pesawat Ruang Juno Berhasil Abadikan Beberapa Gambar Bumi
Tampilan Bumi yang diambil pesawat ruang angkasa Juno. (photo/NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill.)
Fakta Dan Mitos

Pesawat Ruang Juno Berhasil Abadikan Beberapa Gambar Bumi

Rabu, 23 Juni 2021 15:17 WIB 23 Juni 2021, 15:17 WIB

INDOZONE.ID - Sejak pesawat ruang angkasa Juno telah mengorbit di sekitar Jupiter selama hampir lima tahun, sejak 4 Juli 2016. Pesawat ruang angkasa membutuhkan sedikit dorongan ekstra untuk mencapai Jupiter, jadi ia menggunakan Bumi untuk bantuan gravitasi. 

Editor gambar yaitu Kevin Gill meningatkan kita tentang terbang lintas itu dengan beberapa gambar Bumi yang baru diproses yang menakjubkan, yang diambil oleh JunoCam. Juno terbang melewati Bumi pada 9 Oktober 2013, dan terima peningkatan kecepatan lebih dari 3,9 km per detik. 

Para ilmuwan juga menggunakan flyby sebagai cara menguji kamera, memberikannya pemanasan pertama di ruang angkasa untuk mengambil gambar planet berwarna-warni. Flyby memberi pemanasan kepada editor gambar amatir dalam menggunakan JunoCam. 

Gambar yang diproses ilmuwan kemudian diunggah di situs web Juno. Dimulai dengan citra dan analisis ilmiah terperinci sampai karya seni bertema ruang angkasa yang indah. Melihat hal itu, Paul Steffes dari Georgie Tech memberikan pernyataan.

"Gagasan bahwa Anda dapat menggabungkan pencitraan ilmiah dan pemahaman kami tentang planet ini, dengan representasi artistik tidak hanya tentang apa arti planet ini tetapi apa arti eksplorasi, telah sangat berharga bagi misi - dan bagi publik," ungkapnya.

Juno sendiri diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida pada 5 Agustus 2011. Kendaraan peluncuran Juno hanya mampu memberikan pesawat ruang angkasa energi cukup untuk capai sabuk asteroid, dimana gravitasi Matahari menariknya kembali ke tata surya bagian dalam.

Perencana misi merancang ayunan oleh Bumi sebagai bantuan gravitasi untuk meningkatkan kecepatan pesawat ruang angkasa yang relatif terhadap matahari, sehingga bisa mencapai Jupiter.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US