The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Ungkapkan 2,5 Miliar T-rex Pernah Hidup di Bumi
Ilustrasi gambar T-rex. (photo/Ilustrasi/Pexels/Mia von Steinkirch)
Fakta Dan Mitos

Peneliti Ungkapkan 2,5 Miliar T-rex Pernah Hidup di Bumi

Senin, 14 Juni 2021 15:20 WIB 14 Juni 2021, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Tyrannosaurus rex atau dikenal T-rex merupakan salah satu predator paling ganas yang pernah hidup di Bumi. Dengan tubuh yang besar, gigi tajam, dan rahang yang begitu kuat hingga bisa menghancurkan mobil, karnivora ini terkenal mendominasi lembah sungai hutan di Amerika Utara bagian barat selama periode Kapur pada akhir 68 juta tahun yang lalu. 

Nama ilmiah dari T-rex sendiri mempunyai arti "raja kadal yang tiran". Hewan ini hadir berotot dinosaurus ini memiliki panjang 40 kaki dan moncongnya hingga ujung ekornya yang kuat. Berat dari dinosaurus ini mencapai 8 ton, T-rex menginjak kepala lebih dahulu hewan yang melintasi wilayah dengan 2 kaki yang kuat. 

Baru-baru ini, tim peneliti dari Universitas California, Berkeley mengatakan bahwa T-rex hidup di Bumi bisa mencapai 2,5 miliar. Peneliti menggunakan perhitungan berdasarkan ukuran tubuh, kematangan seksual, dan kebutuhan energi berdasarkan 127.000 generasi dengan margin kesalahan tinggi. 

Mengutip The Guardians, total populasi bisa sedikitnya 140 juta atau sebanyak 42 miliar dengan nilai tengah 2,4 miliar. Hal ini mengingat ketidakpastian dalam panjang generasi makhluk, jangkauan dan berapa lama mereka berkeliaran. 

Tim Berkeley mengungkapkan bahwa spesies ini berkeliaran di Amerika Utara selama sekitar 1,2 hingga 3,6 juta tahun, yang berarti kepadatan populasi T-rex kecil setiap saat. Akan ada sekitar 2 di tempat seukuran Washington D.C, atau 3.800 di California. 

"Jika ada 2,5 juta T-rex bukannya 2,5 miliar, kita mungkin tidak akan pernah tahu mereka ada," ujar Marshall. 

Semakin banyak energi yang dibutuhkan, maka semakin sedikit kepadatan penduduk. Mereka juga memperhitungkan bahwa T-rex mencapai kematangan seksual di suatu tempat sekitar 14 hingga 17 tahun dan hidup paling lama hingga 28 tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US