The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Persamaan Kehidupan Romawi Kuno dengan Zaman Modern, Salah Satunya Fast Food!
Ilustrasi kehidupan Romawi kuno. (Ancient Origins)
Fakta Dan Mitos

3 Persamaan Kehidupan Romawi Kuno dengan Zaman Modern, Salah Satunya Fast Food!

Sabtu, 08 Oktober 2022 00:19 WIB 08 Oktober 2022, 00:19 WIB

INDOZONE.ID - Peradaban Romawi menjadi gambaran peradaban modern saat ini. Pasalnya banyak hal yang ditiru dan menjadi inspirasi bagi kehidupan modern masa kini. 

Beberapa diantaranya kehidupan yang serba mewah hingga cara membangun jalan yang merupakan tiruan dari peradaban Romawi kuno. Namun, selain itu ada 3 hal modern yang banyak dilakukan orang-orang masa kini ternyata sudah ada sejak dulu kala. 

Baca Juga: Cara Wanita Romawi Rayakan Hari Tani, Pakai Kain Putih Keliling Kampung Bawa Obor

Apa saja ya? 

3 Persamaan Kehidupan Romawi Kuno dengan Zaman Modern

1. Apartemen tingkat tinggi 

Sebelum adanya apartemen yang mampu mencakar langit, dulu kala orang-orang Romawi kerap tinggal di sebuah gedung tinggi yang dikenal dengan insula. 

Insula menjadi bangunan yang mengesankan masa dulu, lantaran dibangun dari kayu, bata lumpur hingga beton khas Romawi.  Bangunan ini dirancang untuk orang sebanyak mungkin. 

2. Pub atau bar

Dulunya, orang Romawi suka sekali dengan pesta yang menjadi tiruan orang modern akan party pada malam hari. Pub atau popina menjadi tempat favorit yang wajib ada di Romawi kuno untuk tempat hiburan dan juga sosialisasi antar kalangan di Romawi. 

Popina dipandang sebagai tempat yang tidak bermoral, pusat kejahatan dan ketidakpuasan masyarakat. Sementara orang kaya biasanya menikmati anggur di rumah, orang miskin pergi ke popina untuk berpesta pora. 

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji sudah ada sejak zaman Romawi kuno, di mana orang-orang Romawi memesan makanan di thermopolium. Sebenarnya thermopolium memiliki kesamaan dengan popina. 

Baca Juga: Gegara Pemanis Buatan, Rakyat Romawi Kuno Banyak yang Meninggal Tragis

Bedanya, thermopolium memiliki desain yang mengingatkan pada tempat makanan cepat saji modern. Bagian depan toko memiliki konter yang terletak di sepanjang jalan depan, menyajikan makanan panas kepada pelanggan yang lewat. Sedangkan barang-barang lainnya ditampilkan di belakang penjaga toko.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US