Berbelanja di Thrift Shop, Perhatikan 4 Hal Ini
Ilustrasi belanja di thrift shop. (verilymag)
Fakta Dan Mitos

Berbelanja di Thrift Shop, Perhatikan 4 Hal Ini

Jangan keliru.

Sabtu, 23 Mei 2020 19:00 WIB 23 Mei 2020, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Berbelanja barang-barang bekas seperti pakaian, tas, dan sepatu sedang menjadi tren di kalangan remaja hingga dewasa. Ada banyak alasan generasi saat ini memilih untuk berbelanja di thrift shop, salah satunya adalah sengaja berburu barang yang sudah tak ditemukan lagi di pasaran ataupun mencari barang bermerek yang kualitasnya masih bagus dengan harga yang murah.

Selain itu, dengan berbelanja di thrift shop, kamu ikut berperan dalam menyelamatkan bumi karena menggunakan barang-barang bekas yang belum layak untuk dibuang. Nah sebelum kamu memutuskan untuk berbelanja di thrift shop, yuk perhatikan empat hal di bawah ini.

1. Pilih Online atau Offline Store yang Meyakinkan

Berbelanja di Thrift Shop, Perhatikan 4 Hal Ini
Ilustrasi thrift shop. (thriftynorthwestmom)

Sejak dulu telah banyak toko-toko yang menjual pakaian dan aksesoris bekas dengan harga murah. Namun, hanya sedikit toko yang memerhatikan kenyamanan saat berbelanja. Jika kamu berbelanja di offline store, gunakanlah masker karena pakaian dan aksesoris di sana biasanya ditumpuk begitu saja. Dan kamu tidak tahu darimana asal barang-barang tersebut.

Jika kamu berbelanja di online store, kamu perlu kesabaran ekstra agar mendapat barang yang cocok. Agar tidak kecewa, kamu bisa memilih store yang menjual pakaian ataupun aksesoris yang sebelumnya telah melewati proses quality control. Jangan lupa juga untuk mencari rekomendasi store yang memiliki feedback atau rating bagus dari pecinta thrift shop lainnya.

2. Pastikan Kamu Hanya Membeli Barang yang Dibutuhkan

Berbelanja di Thrift Shop, Perhatikan 4 Hal Ini
Ilustrasi berbelanja. (Pexels/Ricardo Esquivel)

Harga murah dengan kualitas bagus dapat membuatmu tergoda untuk membeli banyak pakaian dan aksesoris bekas meskipun kamu tidak membutuhkannya. Sebelum mulai berburu barang, pastikan kamu telah menentukan budget yang akan dikeluarkan. Selain itu, kamu bisa mencatat terlebih dahulu barang-barang apa saja yang ingin dibeli agar lebih mudah saat memilih.

3. Carilah Referensi Barang dan Coba Lakukan Tawar Menawar

Berbelanja di Thrift Shop, Perhatikan 4 Hal Ini
Ilustrasi thrift shop. (Pexels/Artem Beliaikin)

Sebelum berburu barang-barang bekas, kamu bisa mencari referensi fashion terkini dengan mengunjungi butik atau mall. Kamu juga bisa mengikuti influencer yang memiliki selera fashion sama denganmu. Setelah kamu mengetahui jenis barang yang kamu butuhkan, kamu bisa membelinya melalui thrift shop agar bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah.

Jangan lupa untuk mencari informasi harga barang baru dan harga barang bekas yg ingin kamu beli agar kamu bisa menentukan apakah barang-barang bekas tersebut worth to buy. Dengan mengetahui harga barang tersebut, kamu bisa melakukan tawar menawar agar tidak mengalami kerugian.

4. Perhatikan Kondisi Barang dengan Teliti

Berbelanja di Thrift Shop, Perhatikan 4 Hal Ini
Ilustrasi thrift shop. (sourcingjournal)

Saat membeli barang bekas, pastikan kamu selalu teliti memilih, ya. Pilihlah barang saat kondisi cahaya sedang terang karena warna barang yang kamu pilih sangat dipengaruhi oleh cahaya. Jangan lupa untuk mengecek kondisi barang secara menyeluruh, seperti noda, kondisi kain atau kulit, serta kelengkapan barang misalnya kancing atau tali sepatu.

Jika kamu tidak bisa mencoba pakaian bekas yang ingin kamu beli, pilihlah pakaian dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran normalmu ya, karena kebesaran lebih baik daripada kekecilan.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Yulia Marianti
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US