The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini 5 Tips Berbelanja di Thrift Shop!
Ilustrasi. (Pexels/Ricardo Esquivel)
Fakta Dan Mitos

Ini 5 Tips Berbelanja di Thrift Shop!

Jangan asal beli.

Senin, 07 Oktober 2019 18:38 WIB 07 Oktober 2019, 18:38 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa tahun belakangan banyak menjamur lapak baju barang bekas, baik itu impor ataupun lokal yang digandrungi kaum milenial.

Belanja barang bekas alias thrift shop menjadi kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Kamu bisa 'berburu' berbagai jenis pakaian yang mungkin belum pernah ditemui sebelumnya. Dan, tentunya thrift shop ini sangat minim biaya.

Sebenarnya apa sih arti dari thrift shop itu sendiri? Berasal dari kata thrift yang dapat diartikan sebagai penghematan, sifat berhemat, menghemat dan menghematkan.

Thrift shop alias thrifting atau thrift shop mengacu pada tindakan belanja di sebuah toko barang bekas, pasar loak, garage sale dengan tujuan untuk menemukan barang menarik dengan harga yang lebih murah.

Biasanya mereka yang melakukan thrift shop merupakan orang-orang yang menyukai barang antik (vintage). Karena biasanya baju yang dijual di thrift store menjadi satu-satunya atau tidak ada kembarannya.

Namun untuk yang baru akan mencoba hal ini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips berikut dibawah ini.

1. Perhatikan Secara Detail

Baju yang dijual di thrift store merupakan baju second  yang mungkin cacat produksi, baik itu warna, resleting hingga kecacatan lainnya. Jadi sebelum membeli, kamu harus perhatikan secara detail barang yang akan kamu beli.

2. Harus Sabar

Berburu pakaian bekas sangatlah berbeda dengan belanja di outlet mall. Kamu tidak akan menemukan penjaga yang akan membantu memilihkan barang yang kamu cari. Hal tersebut karena model, corak, hingga jenis baju sangat beraneka ragam.

3. Siapkan Tisu Basah

Belanja barang bekas memang meyenangkan, apalagi jika mendapatkan dengan harga yang murah. Namun, tidak semua toko barang bekas memiliki tempat yang terjaga kebersihannya. Ada baiknya kamu siapkan tisu basah untuk selalu menjaga kebersihan ya!

4. Pandai Menawar

Belanja di thrift store wajib memiliki skil menawar yang tinggi! Biar bagaimanapun, barang brand ternama atau vintage yang kamu beli itu adalah barang second. Jadi pandai-pandailah menawar, tapi tetap pakai hati ya guys!

5. Cuci Pakaian Hingga Bersih

Kalau sudah membeli pakaian di thrift store, jangan langsung memakainya! Kamu wajib mencucinya hingga bersih. Sebelum mencuci dengan sabun, dianjurkan terlebih dahulu untuk merebus pakaian dengan air panas selama 10 menit agar kuman lebih cepat mati. Ingat, walaupun baju tersebut terlihat masih bagus dan layak pakai, tapi kita tidak tahu kuman dan bakteri apa saja yang menempel di baju tersebut.

Happy Thrift Shopping Guys!

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Yulia Marianti
Indozone Media
Indozone Media

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US