Sejak diluncurkan pada bulan Juni 2018 lalu, Instagram berjanji bahwa fitur IGTV miliknya tersebut akan menjadi pesaing berat bagi YouTube. Pasalnya Instagram akan menghadirkan fitur monetisasi untuk para kreator di IGTV.
Namun sampai saat ini pihak Instagram masih belum mengabulkan hal tersebut sehingga membuat banyak konten kreator menyerah untuk membuat konten di IGTV karena tidak bisa menghasilkan uang sama sekali.
Baru-baru ini salah satu analis sosial media terkenal bernama Jane Mancun Wong mengatakan bahwa saat ini Instagram tengah bersiap-siap untuk merilis fitur monetisasi untuk IGTV. Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi para kreator.
Instagram is working on IGTV Ads to let influencers monetize their content by running short ads on their IGTV Videos pic.twitter.com/wOhbnpsfjL
— Jane Manchun Wong (@wongmjane) February 7, 2020
"Instagram sedang mengerjakan fitur iklan di IGTV yang dapat memungkinkan influencer untuk melakukan monetisasi kepada konten IGTV mereka," tulis Jane di akun Twitter pribadinya.
Selain itu Jane Manchun Wong juga sempat berbicara dengan Facebook Tech Comms Manager, Alexandru Voica dan mengatakan bahwa saat ini pihak Facebook masih belum bisa memberikan detail dari fitur tersebut untuk saat ini.
Facebook confirmed IGTV Ads for Creators in a statement:
“We continue to explore ways to help creators monetize with IGTV. We don’t have more details to share now, but we will as they develop further.”
- Facebook Tech Comms Manager @alexvoicahttps://t.co/njhAddlzSh— Jane Manchun Wong (@wongmjane) February 7, 2020
"Kami akan terus mencari cara untuk membantu para kreator melakukan monetisasi di IGTV. Kami tidak memiliki detail yang bisa disebarkan untuk saat ini," ucap Alexandru Voica.