Pemudik Masih Ramai, Polda Banten Pertebal Personel di Pos Pantau

- Rabu, 29 April 2020 | 11:54 WIB
Calon penumpang menunggu bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (22/4/2020). (INDOZONE/Febio Hernanto)
Calon penumpang menunggu bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (22/4/2020). (INDOZONE/Febio Hernanto)

Polda Banten bersama berbagai instansi terkait menambah jumlah personel gabungan serta memperketat pemeriksaan masyarakat di pos pantau Operasi Ketupat 2020 terkait mudik. Hal itu dilakukan karena Polda Banten menilai antusias masyarakat di Banten untuk mudik masih tinggi.

"Menilai dari hasil pelaksanaan yang sudah di lakukan, masih banyak ditemukan masyarakat yang antusias untuk melangsungkan kegiatan mudik khususnya warga yang akan mudik melalui jalur Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi saat dihubungi Indozone, Rabu (29/4/2020).

Operasi Ketupat ini sudah memasuki hari kelima. Masih banyak warga Banten yang antusias untuk mudik tahun ini meskipun berbagai imbauan sudah diberikan oleh polisi kepada masyarakat.

Lanjut Edy, menyikapi adanya antusias masyarakat Banten terkait mudik, Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso disebutnya menginstruksikan kepada jajarannya untuk memperketat pemeriksaan baik di pos penyekatan dan pos cek poin.

-
Calon penumpang menunggu bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (22/4/2020). (INDOZONE/Febio Hernanto)

"Hal itu dilakukan agar lebih selektif dalam melakukan pengecekan baik terhadap kendaraan roda empat dan roda dua sekaligus pemeriksaan terhadap orang," ungkap Edy.

Sebanyak 600 personel gabungan dikatakan Edy akan berjaga diseluruh pos pantau yabg sudah dibuat. Pemeriksaan untuk pemudik mulai hari ini akan semakin diperkuat agar tidak ada masyarakat Banten yang lolos dan tetap mudik tahun ini.

"Kita akan menambah personel baik dari Polri, TNI dan stakeholder terkait di lokasi penyekatan khususnya di Pelabuhan Merak untuk mengantisipasi adanya warga yang memaksa mudik," kata Edy.

Untuk menekan angka mudik, Polda Banten juga menggencarkan patroli di penginapan maupun rumah makan. Hal itu bertujuan agar tidak ada pemudik yang mencari celah dan menginap di kawasan Banten.

"Kami akan melakukan patroli di tempat-tempat penginapan untuk mencegah terjadinya pengumpulan massa pemudik yang akan mencari celah untuk memaksa melakukan penyebrangan di Pelabuhan Merak," pungkas Edy.


Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X