Celana Dalam Pemimpin ISIS Baghdadi Jadi Petunjuk Bagi Pasukan AS

- Rabu, 30 Oktober 2019 | 12:27 WIB
Reuters TV
Reuters TV

Sebelum akhirnya melakukan penyerbuan, pasukan AS menemukan celana dalam milik pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi yang diselundupkan oleh penyamar. Celana itu kemudian dites DNA untuk memastikan pemilik celana tersebut.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Penasihat senior SDF pimpinan Kurdi, Polat Can melalui akun Twitternya. Ia mengungkapkan bagaimana hasil kerja SDF membantu upaya untuk melacak lokasi Baghdadi.

Kematian Baghdadi  telah diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pada Minggu (27/10).

"Sumber kami sendiri, yang berhasil menjangkau al-Baghdadi, mengambil celana dalam Baghdadi agar dapat dilakukan tes DNA dan memastikan (100%) bahwa orang yang diincar itu memang al-Baghdadi sendiri," ujar Polat Can.

Can mengungkapkan bahwa SDF sudah bergerak sejak 15 Mei bersama CIA untuk melacak keberadaan Baghdadi. Dalam pelacakan tersebut, mereka berhasil memastikan bahwa Baghdadi sudah pindah dari Deir al-Zor di Suriah timur ke Idlib, wilayah tempat ia akhirnya terbunuh.

"Semua informasi intelijen dan akses menuju al-Baghdadi, juga identifikasi tempat keberadaannya, adalah hasil kerja kami. Sumber intelijen yang kami miliki terlibat mengirimkan koordinat, mengarahkan penerjunan payung, ikut serta dalam operasi dan membuat penyerbuan itu berhasil sampai akhir," ungkap Can.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X