Update Pilpres AS: Trump Unggul di Kentucky, Biden Raih Kemenangan di Vermont

- Rabu, 4 November 2020 | 08:54 WIB
Donald Trump dalam kampenyenya (REUTERS/Jonathan Ernst), capres Joe Biden untuk Pilpres Amerika Serikat. (REUTERS/Tom Brenner)
Donald Trump dalam kampenyenya (REUTERS/Jonathan Ernst), capres Joe Biden untuk Pilpres Amerika Serikat. (REUTERS/Tom Brenner)

Calon Presiden Amerika Serikat (AS) 2020 dari petahana, Donald Trump unggul di Kentucky yang merupakan negara bagian pertama sebagai tempat deklarasinya. Sedangkan, Joe Biden berhasil meraih kemenangan di Vermont.

Dilansir dari independent Kemenangan Trump di Kentucky membuatnya meraih 8 suara electoral college negara bagian pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2020.

Trump memang sudah memimpin jajak pendapat yang kuat atas Biden di Kentucky selama kampanye pemilihan. Selain itu, Trump memang cukup sering menghabiskan waktu untuk berkampanye di Kentucky.

Sementara 8 suara elektoral di negara bagian tersebut membantu Trump dalam usahanya mencari 270 suara untuk memenangkan Pilpres AS 2020.

Namun, Trump juga membutuhkan kemenangan di beberapa negara bagian penting, seperti Florida, Texas, Minnesota dan Wisconsin jika dia ingin kembali memegang kekuasaan.

Sementara berdasarkan laporan Associated Press menyebutkan Joe Biden meraih 3 suara elctoral college di Vermont. Di tempat lain, Biden juga dikabarkan membawa kemenangan di Virginia. 

Kini jajak pendapat ditutup di AS bagian timur, dengan semua mata tertuju pada medan pertempuran utama, yakni Florida, di mana hasilnya kemungkinan besar hampir mendekati. Voting di Florida berakhir pukul 7 malam waktu AS dan hasil awal diharapkan akan diumumkan segera setelahnya.

Negara bagian terpadat ketiga di Amerika telah terpukul selama beberapa dekade terakhir, memilih Richard Nixon pada tahun 1972, Bill Clinton pada tahun 1996 dan Barack Obama pada tahun 2008 dan 2016, sebelum beralih kembali ke Partai Republik pada tahun 2016.

Biden dan para pendukungnya, mendesak para pemilih untuk tetap antre di tempat pemungutan suara di Florida, karena mereka masih berhak memberikan suara mereka bahkan jika pemungutan suara di negara bagian mereka ditutup.

Negara bagian berjuluk Sunshine State adalah kunci bagi para kandidat duduk di Gedung Putih, di mana ada 29 electoral college. Jika Biden memenangkan negara bagian ini, maka kemungkinan besar dia akan berakhir di Gedung Putih.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X