Jokowi Bingung Harga Bawang Merah dan Gula Tak Kunjung Turun

- Rabu, 13 Mei 2020 | 11:32 WIB
Presiden Jokowi (ANTARA)
Presiden Jokowi (ANTARA)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti ketersediaan dan stabilitas bahan pokok atau pangan. Sebelum memulai rapat terbatas, ia menyinggung mengenai harga bawang merah dan juga gula pasir.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan harga bawang merah masih sangat tinggi. Dalam skala nasional, ia mangatakan harga bawang merah rata-rata masih Rp51 ribu.

"Masih jauh dari harga acuan bawang merah yaitu Rp32 ribu," ucap Jokowi dalam video conference, Rabu (13/5/2020).

Selain itu, Jokowi pun memantau harga gula pasir di Tanah Air, yakni hingga saat ini masih berkisar Rp17 ribu. Padahal, menurutnya, harga Harga Eceran Tertinggi (HET) dari gula pasir hanya Rp12.500.

"Oleh sebab itu saya ingin ini dilihat masalahnya ada di mana, urusan distribusi atau memang stok yang kurang, atau memang ada yang sengaja permainkan harga untuk sebuah keuntungan yang besar," ungkapnya.

Maka dari itu, Jokowi meminta kepada seluruh jajarannya untuk mengecek secara langsung apa yang terjadi di lapangan, sehingga menyebabkan harga bawang merah dan gula pasir melonjak tinggi harganya.

"Saya minta dicek di lapangan, dikontrol sehingga bisa terkendali masyarakat bisa menaikkan daya belinya," tutup Jokowi.

Artikel menarik lainnya

Menhub Akui Aturan Mudik di Indonesia Bikin Masyarakat Bingung

Jokowi Harap Bansos dari Pemerintah Tingkatkan Daya Beli Bahan Pokok Warga

Prank 'Sampah' Ferdian Paleka Dibahas Media Inggris

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X