Ini Penyakit Penyebab Fajri, Pria Obesitas 300 Kg Asal Tangerang Meninggal Dunia

- Kamis, 22 Juni 2023 | 15:02 WIB
Muhammad Faji, pria obesitas asal Tangerang meninggal dunia. (Pemkot Tangerang)
Muhammad Faji, pria obesitas asal Tangerang meninggal dunia. (Pemkot Tangerang)

Pria yang viral memiliki berat badan 300 kilogram Muhammad Fajri meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Kamis, 22 Juni 2023. Penyebab dari meninggalnya Fajri karena obsesitas yang dialami mengakibatkan terinfeksinya bagian alat vital didirinya.

Dokter Sidarta Kusuma menjelaskan kondisi Fajri sebelum meninggal dunia. Menurutnya kondisi septis atau komplikasi infeksi yang diderita oleh Fajri menyebakan terjadinya obsesitas morbit. 

-
Dokter Sidarta Kusuma yang menangani Fajri di RSCM Jakarta. (Z Creators/Arie Dwi Prasetyo)

 

Obesitas morbit sendiri suatu kondisi saat indeks massa tubuh lebih tinggi dari 35. Indeks massa tubuh adalah alat ukur untuk memperkirakan lemak tubuh dan dapat membantu ahli medis untuk menentukan seseorang apakah memiliki berat badan yang ideal untuk ukurannya atau tidak.

Body Mass Indeks (BMI) orang normal diangka 18,5-24,9 sedangkan Fajri tiga kali orang normal.

"Body Mass Indeks (BMI) diatas 35 BMI nya 91 jadi 3 kalinya yg super tidak normal, jadi emang bener-benar berat. Kemudian krn memang kormobid itu maka gampang sekali terjadi infeksi," kata dokter Sidarta saat konfersi pers di RSCM, Kamis (22/6/2023).

Lebih lanjut, dr. Sidarta mengatakan daya tahan tubuh Fajri menjadi memburuk akibat obesitas yang diderita sehinga gampang tertular penyakit akibat kuman di lingkungan rumah.

"Karena daya tahan tubuh sudah turun jadi kuman di rumah dan lingkungan pun jadi inilah yg membuat gampang skali terjadi infeksi. Dan infeksi ini mengakibatkan kegagalan di beberapa organ tubuhnya," pungkasnya.

Artikel menarik lainnya: 

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone.Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X