PKS Minta Pemerintah Aktif Dorong PBB untuk Hentikan Serangan Israel ke Palestina

- Rabu, 12 Mei 2021 | 09:54 WIB
Warga Palestina membubarkan diri saat granat yang ditembakkan pasukan Israel (REUTERS/Ronen Zvulun)
Warga Palestina membubarkan diri saat granat yang ditembakkan pasukan Israel (REUTERS/Ronen Zvulun)

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilai tindakan penyerangan yang dilakukan oleh Kepolisian Israel kepada warga Palestina yang sedang melaksanakan ibadah di Masjid Al-Aqsa adalah sebuah kejahatan kemanusiaan nyata.

Sebagai anggota yang membidangi luar negeri, dia mendesak agar Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dapat segera bersikap guna menghentikan kekerasan yang dilakukan oleh polisi Israel kepada warga sipil Palestina.

"Ini jelas pelanggaran yang terang-terangan terhadap hak asasi manusia, ini bentuk teror yang keji. Saya berharap PBB dan komunitas internasional segera bertindak untuk menghentikan kekerasan terhadap warga sipil Palestina," ujar Sukamta saat dihubungi Indozone, Rabu (12/5/2021).


Wakil Ketua Fraksi PKS ini turut meminta agar Pemerintah Indonesia, di mana Republik Indonesia menjadi anggota Komisi HAM PBB terus proaktif dapat mendorong komunitas internasional melakukan upaya menghentikan kekerasan Israel dan mendorong ada perlindungan terhadap Masjid Al-Aqsa.

Baca juga: Tak Ada Keluhan, Wanita Ini Terkejut saat Cek, Ternyata Kista hingga Rahim Harus Diangkat

"Kompleks Masjid Al-Aqsa punya status hukum yang jelas dan dilindungi. Saya berharap PBB dan komunitas internasional segera melakukan upaya untuk mencegah pelanggaran oleh pihak Israel berlanjut. Masjid Al-Aqsa ada salah satu situs suci umat Islam, tindakan provokasi terhadapnya bisa memicu kemarahan umat Islam sedunia," tegas Sukamta.

Dijelaskan Sukamta, tindakan provokasi secara sengaja telah dilakukan aparat Israel sejak awal Ramadan dengan menerobos dan memutus kabel pengeras suara Masjid.

Kemudian disusul pembiaran aparat terhadap rangkaian penyerangan kelompok ultra kanan ke warga Palestina. Jika melihat rangkaian yang terjadi, menurutnya ini adalah upaya sistematis Israel untuk mengusir warga Palestina.

"Jika melihat rangkaian kekerasan yang terjadi, terlihat ada upaya sistematis Israel untuk mengusir warga Palestina dari wilayah Yerusalem Timur. Penggusuran rumah-rumah warga Palestina terus terjadi, juga penyerangan terhadap warga sipil di tempat ibadah," beber dia.

Lebih lanjut Sukamta juga meminta Pemerintah Indonesia terus mendukung upaya kemerdekaan Palestina dan memberikan bantuan kemanusiaan yang diperlukan rakyat Palestina.

"Selama masih dalam kondisi terjajah, rakyat Palestina akan selalu hidup dalam kesengsaraan. Kemerdekaan akan jadi solusi permanen bagi rakyat Palestina. Pemerintah Indonesia perlu terus mendorong perwujudan agenda ini dalam forum-forum internasional," tandasnya.

Artikel menarik lainnya

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X