Tangkap WNA Brasil, Polda Metro Gagalkan Penyelundupan Kokain Modus Jadi Sabun Cair!

- Rabu, 15 Maret 2023 | 15:07 WIB
Konferensi pers Polda Metro Jaya kasus kokain cair di Mapolda Metro Jaya, Jakarta (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Konferensi pers Polda Metro Jaya kasus kokain cair di Mapolda Metro Jaya, Jakarta (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Polda Metro Jaya bersama Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, menggagalkan peredaran narkotika kelas berat, yakni kokain yang dibawa oleh seorang warga negara asing (WNA) asal Brasil. Modusnya, kokain ini dilebur menjadi cair dan dikemas dalam bentuk sabun cair.

"Pada hari ini, ada tiga persitiwa pengungkapan berhasil diringkus kolaborasi Bea dan Cukai dan Polda Metro Jaya. Ada tiga jaringan internasional dan ada dua jenis narkoba, jenis kokain dan sabu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Gatot Sugeng Wibowo, membeberkan kronologi pengungkapan kasus ini. Terungkapnya kasus ini berawal dari kecuriagaan Bea Cukai terhadap seorang WNA Brasil berinisial GPS (25) pada 1 Januari 2023.

-
Konferensi pers Polda Metro Jaya kasus kokain cair di Mapolda Metro Jaya, Jakarta (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Baca Juga: Edarkan 1 Kilogram Sabu, Pemuda 23 Tahun di Sultra Terancam Hukuman Mati

"Ada salah satu penumpang dari Brasil membawa barang-barang, salah satunya srlancar laut, membawa barang-barang koper dan kami curigai, bahwa ada di dalamya membawa barang-barang kemungkinan narkoba," kata Gatot.

Petugas mengecek barang bawaan milik WNA tersebut, termasuk melakukan scaner di tubuh korban. Hasilnya, tidak ditemukan narkotika termasuk di organ dalam tubuh pelaku.

"Pada waktu pemeriksaan, pelaku melawan atau tidak kooperatif. Pada waktu tersebut, di swab, di badanya positif narkoba, kemudian kita body cek tidak ada (narkoba)," beber Gatot.

Ketika diteliti lebih dalam barang milik pelaku, enam botol sabun ataupun sampo berbau menyengat. Bea Cukai melakukan penelitian terhadap sabun cair mencurigakan tersebut.

"Kemudian, dari petugas melakukan tes. Setelah di tes, ternyata negatif. Karena kita curiga, kita coba lebih dalam, kita tes dua kali dengan metode dibakar cairan itu dengan metode pembakaran ternyata terpisah menjadi dua," ungkap Gatot.

"Pertama cairan di bawahnya setelah kita tes positif kokain, kemudian lapisan atas itu kimia sebagai pengikat cairan itu," sambung Gatot.

Baca Juga: Ammar Zoni Terus Menangis dan Menyesali Terlibat Narkoba, Adik: Manusia Ladangnya Salah

Setelah mendapat temuan tersebut, Bea Cukai berkoordinasi dengan Polda Metro. Polda Metro Jaya langsung menangkap pelaku dan mengembangkan kasus ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X