Keren, Pertamina Pesan 15 Kapal Buatan Dalam Negeri

- Selasa, 14 Juli 2020 | 14:00 WIB
Ilustrasi kapal. (freepik/www.slon.pics)
Ilustrasi kapal. (freepik/www.slon.pics)

PT Pertamina (Persero) terus berkomitmen untuk meningkatkan Penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan memesan 15 kapal yang keseluruhannya merupakan hasil produksi dari galangan kapal dalam negeri. 

Pemesanan kapal produksi dalam negeri tersebut, ujar Dirut Pertamina Nicke Widyawati, sudah mendapat persetujuan dari Kementerian BUMN

"Pak Wamen (BUMN) sudah menyetujui rencana pengadaan kapal ini," ujar Nicke, Selasa (14/7/2020). 

Nicke mengatakan, dari total kebutuhan kapal yang mencapai 48 kapal, saat ini sudah teridentifikasi bahwa 15 diantaranya bisa dibangun di dalam negeri.

"Dari 48 kapal ini, kita sudah identifikasi 15 yang bisa dibangun di dalam negeri. 15 kapal ini kita harapkan tentu semuanya bisa dibangun di galangan di dalam negeri untuk memperkuat bisnis atau industri dalam negeri kita," tuturnya. 

Sebagai informasi saja, pembelian kapal produksi dalam negeri tersebut nantinya juga termasuk dengan perjanjian untuk pemeliharaan dan perbaikan. Adapun untuk perbaikan sendiri, dapat dilakukan secara fleksibel, di lokasi terdekat yang ada. 

Adapun perjanjian potensi kerjasama antara Pertamina dan Perusahaan Galangan Kapal Nasional ini merupakan komitmen Pertamina untuk sinergi BUMN, sekaligus mendukung industri galangan kapal nasional untuk terus maju.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X