Perusahaan Menjerit, Bagaimana Bisa Bertahan di Tengah Virus Corona?

- Rabu, 20 Mei 2020 | 14:55 WIB
Ilustrasi.(freepik)
Ilustrasi.(freepik)

Dampak virus corona ternyata menerpa berbagai bidang. Tak hanya dunia kesehatan, tapi juga ekonomi dan bisnis. Banyak perusahaan dan usaha kecil yang menjerit. Salah satunya, karena efek Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), membuat cara kerja sedikit terganggu.

Beberapa usaha pun terganggu, misalnya restoran hingga travel, hotel, atau penerbangan. Terkait dengan industri itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa bertahan.

Dalam Zoom Meeting yang digelar Grant Thornton Indonesia, baru-baru ini, memberikan beberapa tips untuk bertahan. Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia, menyebutkan, salah satunya memperhatikan cash flow perusahaan.

-
Ilustrasi.(freepik)

"Masa-masa sulit  untuk kita semua. Memang, perlu diperhatikan. harus mengetatkan ikat pinggang. Punya cash, funding, atau loan untuk perusahaan-perusahaan yang ada, untuk membuat posisi dan planning," katanya.

Selain itu, manajemen juga diharapkan bisa membaca situasi dan rencana selama enam bulan ke depan. Jangan lupakan, risiko yang juga harus dipikirkan saat bertahan di tengah pandemi virus corona.

"Jadi, bisa dipetakan untuk mengetahui risiko yang harus diambil. Setidaknya punya rencana enam bulan ke depan," tambahnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X