Kapolri Akui Nonaktifkan Irjen Ferdy Sambo Sebagai Kadiv Propam Terkait Kasus Baku Tembak

- Senin, 18 Juli 2022 | 20:32 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah), didampingi Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (kanan), Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto (kedua kiri). (ANTARA/Reno Esnir)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah), didampingi Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (kanan), Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto (kedua kiri). (ANTARA/Reno Esnir)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo secara resmi menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri. Penonaktifan ini tentunya bukan tanpa alasan.

Alasan penonaktifan Irjen Sambo rupanya karena Kapolri menyimak perkembangan situasi yang berkaitan dengan kasus baku tembak di rumah Irjen Sambo. Berbagai spekulasi mengenai kasus ini timbul hingga membuat dirinya memutuskan untuk menonaktifkan Irjen Sambo.

"Mencermati perkembangan yang ada dan spekulasi-spekulasi yang berkembang akan berdampak pada proses yang ada," kata Kapolri dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Karena alasan itu lah Kapolri akhirnya memutuskan menonaktifkan Irjen Sambo. Selain itu, penonaktifan Irjen Sambo sekaligus untuk menjaga marwah institusi Polri.

"Ini tentunya untuk menjaga agar apa yang telah kami lakukan selama ini terkait dengan masalah komitmen objektivitas, transparansi, akuntabel betul-betul kami jaga agar rangkaian dari proses penyelidikan yang sedang dilaksanakan betul-betul bisa berjalan dengan baik dan membuat terang peristiwa yang terjadi," beber Jenderal Sigit.

BACA JUGA: Kapolri Akhirnya Nonaktifkan Irjen Ferdy Sambo Sebagai Kadiv Propam!

Sekadar informasi, Polri sempat mendapat tekanan dari berbagai pihak hingga keluarga Brigadir J untuk menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam. Hal ini merupakan buntut peristiwa baku tembak antar polisi yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas Irjen Sambo.

Pasca polemik desakan ini, Kapolri memutuskan untuk menonaktifkan Irjen Sambo dari jabatan Kadiv Propam. Jabatan Kadiv Propam pun saat ini dijabat oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X