The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wow! Tempat Bersemayam Raja Bali Ini Terbuat dari Batu yang Dipahat Indah!
Candi tempat persemayaman Raja Bali (Rizal Fanany/IDZ Creators)
Travel

Wow! Tempat Bersemayam Raja Bali Ini Terbuat dari Batu yang Dipahat Indah!

Sabtu, 16 April 2022 20:52 WIB 16 April 2022, 20:52 WIB

INDOZONE.ID - Bali enggak cuma menyuguhkan panorama keindahan alam, banyak yang bilang pulau ini pulau surga. Enggak cuma itu, Pulau Dewata ini juga menyimpan situs sejarah yang keren dan kini menjadi objek wisata.

Situs sejarah Candi Tebing Gunung Kawi, salah satunya. Lokasinya di Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Dari pusat kota Denpasar, candi ini berjarak kurang lebih 40 kilometer atau sekitar 45-60 menit perjalanan mengendarai motor.

candi tebing gunung kawi
Pesona Candi Tebing Gunung Kawi (Rizal Fanany/IDZ Creators)

Candi persemayaman abadi raja-raja Bali ini diperkirakan dibangun pada pertengahan abad ke-11 Masehi pada masa Dinasti Udayana. Dalam komplek Candi Tebing Gunung Kawi terdapat sepuluh candi yang tersebar di tiga titik. Lima  di antaranya berada di sisi timur Sungai Tukad Pakerisan, empat candi terletak di sisi barat sungai, satu candi berada di tebing Bukit Gundul dan terdapat pula gua-gua pertapaan.

Lima candi yang berada di sisi timur sungai dianggap sebagai bagian utama dari kompleks Candi Tebing Gunung Kawi.

candi tebing gunung kawi
Jalanan di dalam komplek candi (Rizal Fanany/IDZ Creators)

Untuk menuju ke komplek situs ini kamu harus menyusuri jalanan dan 315 anak tangga. Kamu enggak akan bosan sebab saat perjalanan menuju candi bisa menikmati pemandangan hamparan sawah dan aktivitas warga.

komplek candi tebing gunung kawi
Aktivitas warga di sekitar komplek candi (Rizal Fanany/IDZ Creators)

Perjalananmu menuju candi akan terbayar, saat berada di komplek Cagar budaya bersejarah ini. Karya seni nan spektakuler dijamin akan membuatmua berdecak kagum. kamu akan berdecak kagum akan karya seni yang spektakuler.

Pada umumnya bangunan candi berupa tumpukan batu, namun Candi Tebing Gunung Kawi ini berbeda. Candi ini dipahat dan diukir di tebing batuan gunung. Ini lah keunikan Candi Gunung Kawi yang membuat para wisatawan penasaran.

Saking apiknya pahatan tersebut, warga setempat meyakini bahwa Candi Gunung Kawi dibuat oleh raksasa bernama Kebo Iwa dengan kuku-kuku jarinya yang tajam. Konon, pengerjaannya yang seharusnya memakan waktu lama bisa selesai dalam waktu sehari semalam saja. Mitos atau fakta?

candi gunung kawi
View menawan di sekitar candi Gunung Kawi (Rizal Fanany/IDZ Creators)

Untuk menikmati peninggalan bersejarah ini kamu cukup merogoh kocek Rp15 ribu untuk tiket masuk per orang. Jangan lupa bawa selendang untuk bisa masuk ke komplek candi. Buat yang enggak bawa, jangan khawatir. Karena kamu meminjam selendang di depan pintu masuk.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Rizal Fanany
Rizal Fanany

Rizal Fanany

Community Writer
JOIN US
JOIN US