The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cegah Corona saat Traveling,  Efektif Cuci Tangan atau Hand Sanitizer?
Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)
Travel

Cegah Corona saat Traveling, Efektif Cuci Tangan atau Hand Sanitizer?

Rabu, 11 Maret 2020 10:55 WIB 11 Maret 2020, 10:55 WIB

INDOZONE.ID - Wabah virus corona yang saat ini tengah merebak bukan menjadi alasan untuk kamu tidak berani melakukan traveling. Virus tersebut bisa kamu cegah dengan melakukan kebiasaan gaya hidup yang lebih sehat.

Misalnya seperti yang disarankan oleh World Health Organization (WHO), yakni rutin mencuci tangan setiap 30 menit sekali dan cuci tangan secara menyeluruh selama 20 detik. Cuci tangan hingga bersih setelah keluar dari kamar mandi, sebelum makan, membuang ingus, batuk, dan bersin.

Tangan bisa dicuci dengan menggunakan air dan sabun atau bisa juga menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen.

Namun, dari kedua cara membersihkan tangan tersebut, sebenarnya mana yang lebih efektif?

Mengutip Smart Travel, seorang Profesional Bersertifikat dalam Keamanan Pangan dan spesialis keamanan pangan StateFoodsSafety.com, Janilyn Hutchings mengatakan dengan mencuci tangan dalam cairan yang tidak dapat diminum tidak terlalu efektif dalam membersihkan tangan.

cuci tangan
Pixabay

Karena menurut dia, ada tiga aspek penting yang harus diperhatikan dalam membersihkan tangan, yakni adanya air bersih, sabun, dan durasi waktu minimal 15 detik. Akan tetapi, jika tidak menemukan air bersih, maka menggunakan pembersih dengan kandungan alkohol sudah bisa untuk membersihkan tangan.

"Usahakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air ketika air bersih tersedia. Itu jauh lebih efektif membunuh kuman ketimbang menggunakan pembersih," kata Janilyn.

Jika berada di dalam penerbangan, ketika pesawat yang ditumpangi tidak menyediakan air bersih yang tidak aman untuk diminum, maka lebih baik menggunakan pembersih tangan dengan kandungan alkohol. Usahakan selalu menggunakan pembersih saat sebelum makan di dalam pesawat.

Selain itu, sebisa mungkin mendesinfeksi kursi pesawat, baki, sabuk pengaman, sandaran lengan, meja dan layar TV yang akan digunakan saat berada dalam penerbangan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US