The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wisata ke Montserrat, Pegunungan Bergerigi Tempat Disimpannya Black Madonna
Masuk ke gereja yang menyimpan Black Madonna (Z Creators/Fabiola Lawalata)
Travel

Wisata ke Montserrat, Pegunungan Bergerigi Tempat Disimpannya Black Madonna

Jumat, 16 September 2022 20:30 WIB 16 September 2022, 20:30 WIB

INDOZONE.ID - Berkunjung ke Spanyol enggak lengkap rasanya kalau belum datang ke Montserrat yang terletak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Barcelona.

Montserrat adalah biara dan gereja Basilica dimana tersimpan patung terkenal Black Virgin atau Black Madonna. 

Patung Black Virgin atau Black Madonna tersebut tersimpan di gereja Basilica, masih satu area dengan biara. Antrean panjang peziarah yang ingin menyentuh, mencium dan berdoa di depan patung ini lumayan panjang.

montserrat
Montserrat tempat tinggal 80 biarawan (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Menurut legenda, patung ini ditemukan oleh para gembala pada abad ke-13. Saat itu mereka melihat cahaya terang dan mendengar musik surgawi yang akhirnya membawa mereka ke dalam gua tempat patung ini berada.

Warna patung menjadi hitam karena disebabkan asap lilin selama ratusan tahun yang dinyalakan kaum peziarah di sekitar patung.

montserrat
Detail patung di Montserrat (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Selain melihat patung Black Madonna, kamu bisa menikmati atraksi paduan suara anak-anak dari Escolania setiap jam 13.00. Kelompok paduan suara ini terdiri dari 50 puluh anak laki-laki usia 9 - 14 tahun yang berasal dari seluruh Catalonia. Selama 4 tahun mereka tinggal di Montserrat untuk belajar teori musik, ensemble, instrumen musik dan tentu saja menyanyi. 

Mitos pegunungan yang diukir malaikat

Secara geografis Montserrat terletak di dekat puncak gunung dengan ketinggian 4.000 meter. Lebih dari 80 biarawan tinggal di sana.

montserrat
Lekat sama mitos pegunungan yang diukir malaikat (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Montserrat berarti pegunungan bergerigi. Menurut mitos yang beredar Montserrat diukir oleh para malaikat dengan menggunakan gergaji emas. Mitos tersebut konon untuk mendeskripsikan betapa indahnya Montserrat. Bayangkan saja sebuah mahakarya yang dibangun di atas tebing-tebing terjal dan curam pada tahun 1025 yang lalu.

Montserrat sangat mudah dijangkau

Montserrat mudah dijangkau dengan naik transportasi umum, pulang-pergi dalam satu hari dari Barcelona. Selain membeli paket tur wisata, kamu juga bisa naik kereta untuk ke sana.

Caranya dengan berangkat dari stasiun kereta Plaza de Espana, di sana tersedia loket khusus tujuan Montserrat serta melayani informasi seputar Montserrat.

Pastikan kamu membeli tiket kereta api lengkap dengan tiket cable car-nya. 

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Fabiola Lawalata
Fabiola Lawalata
Community Writer
JOIN US
JOIN US