The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Magisnya Ibu Kota 'Negara Api' Azerbaijan, Perpaduan Kota Modern dan Abad Pertengahan
Apartemen modern bersanding dengan bangunan masa lampau (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)
Travel

Magisnya Ibu Kota 'Negara Api' Azerbaijan, Perpaduan Kota Modern dan Abad Pertengahan

Selasa, 10 Mei 2022 17:23 WIB 10 Mei 2022, 17:23 WIB

INDOZONE.ID - Baku, ibu kota negara api Azerbaijan, memiliki sejuta pesona karena secara geografis terletak di persimpangan antara benua Eropa dan Asia. Hal ini menjadikan Baku sebagai bukti peradaban Azerbaijan di masa lampau.

Salah satu bukti kebesaran akan kota Baku bisa terlihat dari kota tuanya yang masih mempertahankan arsitektur dan kekayaan ragam sejarah. Tata kota serta desain arsitektur yang menawan yang masih terjaga dengan baik sampai saat ini.

baku azerbaijan
Kota tua di Baku (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Maiden Tower misalnya, bangunan ikonik yang paling dominan dan berada di kota tua Baku. Orang lokal menyebutnya Q?z Qalasi dan telah ada sejak abad ke-12 silam. Beberapa sumber ilmiah menunjukkan bahwa Maiden Tower adalah contoh terpenting dari Zoroastrianisme dan arsitektur pra-Islam di Iran dan Azerbaijan.

baku azerbaijan
Maiden Tower yang lekat sama urban legend (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Maiden Tower enggak lepas dari legenda. Banyak cerita rakyat yang beredar mengenai Maiden Tower, yaitu mengenai seorang raja yang ingin menikahi putrinya sendiri. Putrinya malu dengan niat ayahnya dan memintanya untuk membangun menara dan setuju untuk menikah segera setelah menara tersebut selesai dibangun. Setelah selesai, sang putri pun bunuh diri dengan melompat dari atas menara.

Selain Maiden Tower, Baku juga punya peninggalan kuil api umat Zoroastria bernama The Atashgah dan merupakan cagar budaya Azerbaijan. Saat ini kuil Atashgah berfungsi sebagai museum dan atraksi wisata.

Baku enggak melulu mengenai budaya di masa lampau. Karena kota berjuluk ‘Paris of the East’ yang akan menjadi venue Formula 1 Grand Prix 2022 Juni mendatang, juga terkesan mewah dan glamor. Di sisi jalan utama dipenuhi pertokoan ritel mewah dengan merek mode papan atas, pastinya merupakan surga bagi para shopaholic.

baku azerbaijan
Baku dijuluki 'Paris of the East' (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Bangunan perkantoran pencakar langit juga menjadi simbol kota Baku. Flame Towers bahkan menjadi gedung paling tinggi di Baku.

Memiliki ketinggian hingga 190 meter dan dapat dilihat puncaknya dari seantero kota Baku, bangunan ini terinspirasi bentuk lidah api yang menjulur ke atas.

baku azerbaijan
Flame tower yang ikonik di Baku (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Saat malam hari Flame Towers akan menampilkan animasi dari cahaya LED berkekuatan 10 ribu luminer yang menampilkan nyala api dan bendera Azerbaijan yang berkibar.

flame tower baku
Flame Tower penuh warna di malam hari (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Well, kota Baku bukan saja indah saat siang hari, pastikan juga kamu menikmatinya pada malam hari, ya!

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Fabiola Lawalata
Fabiola Lawalata

Fabiola Lawalata

Community Writer
JOIN US
JOIN US