The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Paspor Paling Langka di Dunia
Paspor biometrik Orde Militer Berdaulat Malta (Dok. Supplied/ New.com.au)
Travel

Ini Paspor Paling Langka di Dunia

Selasa, 14 Januari 2020 11:52 WIB 14 Januari 2020, 11:52 WIB

INDOZONE.ID - Jepang boleh saja berbangga hati karena memiliki paspor yang terkuat di dunia dengan akses bebas visa ke 191 negara di seluruh dunia.

Namun, sebenarnya ada satu paspor yang terbilang tak kalah bergengsinya. Sebab, paspor yang satu ini hanya dimiliki tak lebih dari 500 orang saja.

Paspor yang dimaksud adalah paspor diplomatik yang dikeluarkan oleh overeign Military Order of Malta (Orde Militer Berdaulat Malta).

Untuk diketahui, paspor diplomatik yang ini sangat berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara Malta.

Lalu, apa sebenarnya Orde Militer Berdaulat Malta ini? Jadi, mereka merupakan sebuah ordo Katolik yang kedaulatannya diakui oleh Paus Paschal pada 1113.

Mulanya, mereka adalah para komunitas biarawan yang bertanggung jawab untuk merawat orang sakit. Namun seiring berjalannya waktu, ordo ini beralih menjadi ordo militer yang menjaga Tanah Suci dan para peziarah, juga memberikan perawatan kesehatan untuk para peziarah.

Hingga saat ini, Ordo Militer Berdaulat Malta masih tetap ada dan memiliki status pengamat permanen di PBB sehingga yang membuatkan mereka tetap memiliki kedaulatan di bawah hukum internasional.

Paspor yang bersampul merah tersebut hanya diberikan kepada anggota dewan berdaulat, kepala, dan anggota misi diplomatik. Masa berlakunya selama empat tahun dan sangat berkaitan dengan durasi penugasan atau masa jabatan seseorang.

Paspor ini bahkan sudah memakai fitur biometrik dan sesuai dengan standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) sejak 2005.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US