3 Destinasi Wisata Sumatera Barat yang Dirindukan Pemudik
Padang, Sumatera Barat. (Dyina Linizia)
Travel

3 Destinasi Wisata Sumatera Barat yang Dirindukan Pemudik

Kamu rindu yang mana?

Jumat, 22 Mei 2020 12:07 WIB 22 Mei 2020, 12:07 WIB

INDOZONE.ID - Tradisi mudik memang sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia. Saat perayaan hari besar tiba, mudik biasanya dimanfaatkan bagi para perantau untuk pulang ke kampung halaman.

Namun, di tengah pandemi corona seperti saat ini, mudik memang bukan jadi pilihan yang bijak. Untuk mengobati kerinduan akan kampung halaman kamu bisa melakukan jalan-jalan virtual melalui berbagai macam platform digital.

Sumatera Barat rupanya menjadi salah satu wilayah yang menjadi daerah tujuan mudik tertinggi pada tahun 2019 lalu. Berikut ini sejumlah destinasi wisata yang paling digemari para pemudik saat pulang kampuang ke Sumatera Barat.

1. Jam Gadang

3 Destinasi Wisata Sumatera Barat yang Dirindukan Pemudik
Jam Gadang. (Tripcetera)

Jam Gadang menjadi spot paling favorit bagi masyarakat lokal maupun wisatawan. Lokasi yang juga menjadi ikonik kota Bukittinggi ini memiliki pesona yang luar apalagi bila dipandang dari jarak dekat. Membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dari kota Padang untuk sampai di Jam Gadang.

Sesampainya di sana, kamu akan disuguhi bangunan tinggi yang merupakan peninggalan zaman Hindia-Belanda dan dibangun oleh Ratu Wihelmina dari Belanda. Jam Gadang terdiri dari empat tingkat, masing-masing tingkatan memiliki fungsi yang berbeda. Tak lengkap rasanya datang ke Bukit Tinggi bila tidak mengunjungi Jam Gadang.

"Destinasi yang selalu dan nggak pernah bosan saya kunjungi saat mudik yakni Jam Gadang. Hampir setiap tahun saya dan keluarga bersantai sambil menikmati lezatnya nasi kapau di pasar Ateh," ungkap Dinda Rachmawati saat dihubungi Indozone, Jumat (22/5/2020).

2. Puncak Lawang

3 Destinasi Wisata Sumatera Barat yang Dirindukan Pemudik
Puncak Lawang. (sumbarprov)

Puncak Lawang Bukittinggi menjadi tujuan favorit masyarakat Sumatera Barat yang ingin menikmati pemandangan Danau Maninjau dari ketinggian. Saat Lebaran tiba, jalur menuju Puncak Lawang akan mengular panjang. Berada di ketinggian 1.210 mdpl membuat Puncak Lawang selalu dirindukan untuk dikunjungi.

3. Wisata Kuliner

3 Destinasi Wisata Sumatera Barat yang Dirindukan Pemudik
Ilustrasi kuliner Padang. (Ikhsan_tedja)

Sumatera Barat menjadi surganya pecinta kuliner. Tak lengkap rasanya bila pulang kampuang tanpa mencicipi sederet kuliner yang menjadi unggulan.

"Kulineran jadi hal yang paling dikangenin saat gak mudik. Biasanya saya dan keluarga menikmati lezatnya ketupat sayur yang ada di pasar bawah Jam Gadang. Kemudian Sate Didong di Batusangkar, Es campur di Kota Padang, dan masih banyak lagi," kata Yulia Paramitha saat dihubungi Indozone di waktu yang sama.


Itulah deretan wisata yang selalu dikunjungi pemudik Sumatera Barat saat pulang kampuang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Yulia Marianti
Syarifah Noer Aulia
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US