The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dengan Digitalisasi UMKM, Menparekraf Sandiaga Uno Optimis Ekonomi Sabang Bangkit
Menparekraf Sandiaga Uno membuat 'keukarah' kue khas Sabang di Desa Wisata Aneuk Alot, Kota Sabang, Sabtu (1/5/2021). (ANTARA/Khalis)
Travel

Dengan Digitalisasi UMKM, Menparekraf Sandiaga Uno Optimis Ekonomi Sabang Bangkit

Minggu, 02 Mei 2021 09:54 WIB 02 Mei 2021, 09:54 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno optimistis bahwa kombinasi antara desa wisata dan digitalisasi produk ekonomi kreatif pelaku UMKM menjadi modal pemulihan ekonomi di Sabang, Aceh.

"Sekali lagi, ini merupakan pola penyiapan desa wisata yang kami dorong agar desa wisata ini menjadi desa yang mandiri, membangkitkan ekonomi dan memulihkan lapangan kerja, khususnya di tengah pandemi," kata Sandiaga di Sabang, Aceh, Sabtu (01/05), seperti dilansir Antara.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga setelah berbuka puasa bersama Wali Kota Sabang Nazaruddin di Desa Wisata Aneuk Alot, Sabang, sekaligus meninjau produk kreatif UMKM desa setempat.

Ada sejumlah produk kreatif yang dipamerkan oleh masyarakat setempat seperti kelapa yang mulai dari pohon, batang hingga buah hingga daunnya yang sangat memengaruhi kehidupan masyarakat Sabang.

Begitu juga dengan kue keukarah khas Kota Sabang, Sandi juga ikut menjajal langsung seluruh proses pembuatan kue itu dan mengaku antusias.

Ia mengatakan bahwa proses itu adalah pengalaman yang bisa dijual kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Kota Sabang.

Selanjutnya, di Sabang juga terdapat anyaman dan ecoprint berbahan daun jati yang diproduksi perajin Desa Wisata Aneuk Alot, yang memanfaatkan kearifan lokal dan dikemas jadi produk ekonomi kreatif bernilai jual.

"Tapi yang terpenting adalah mengangkat para perajin UMKM ini masuk ke dalam platform digital. Saya harapkan UMKM ini punya toko-toko online dan mulai mendigitalisasi proses mereka dalam berusaha," katanya.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor
JOIN US
JOIN US