The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Sungai Terpanjang di Indonesia, Banyak Terbentang di Kalimantan!
Ilustrasi sungai Kapuas (pegipegi.com)
Travel

5 Sungai Terpanjang di Indonesia, Banyak Terbentang di Kalimantan!

Sungai ini bermuara ke berbagai selat

Kamis, 19 Mei 2022 17:20 WIB 19 Mei 2022, 17:20 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia memiliki kekayaan yang sangat melimpah. Salah satu kekayaan alam yang dimiliki ialah sungai. Aliran air yang bermuara ke berbagai selat ini, menjadi habitat fauna dan seringkali dijadikan tempat wisata jika memilik keistimewaan. 

Di Indonesia, sungai yang terbentang tentu cukup banyak. Namun, hanya segelintir sungai yang dapat dikatakan sungai terpanjang di Indonesia. Sungai-sungai ini umumnya berada di pulau Kalimatan dan Sumatrea. 

Berikut ini daftar sungai terpanjang di Indonesia, mulai dari yang pendek hingga paling panjang. 

1. Sungai Musi 

sungai terpanjang di Indonesia
Sungai Musi (duniapendidikan.co.id)

Di provinsi Sumatera Selatan, terdapat sungai terpanjang di Indonesia, yaitu sungai Musi. Sungai ini memiliki panjang 750 kilometer dan mengalirkan airnya ke kawasan Kepahiang, Bengkulu hingga Selat Bangka. 

Sungai ini tepat berada di bawah jembatan Ampera dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

2. Sungai Batanghari 

sungai terpanjang di Indonesia
Sungai Batanghari (tripadvisor.it)

Beralih ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat, adapun sungai terpanjang di Indonesia yaitu sungai Batanghari. Sungai ini mengali hingga Jambi karena memiliki panjang 800 kilometer. 

Air sungai ini bermuara hingga laut China Selatan dan sebagian areanya masuk dalam kawasan Taman Kerinci Seblat. 

Dalam kawasan ini, terdapat kegiatan pertambangan dan eksploitasi hutan, maka itu, sungai ini berpotensi terjadi erosi, pendangkalan, hingga sedimentasi. 

3. Sungai Barito 

Sungai terpanjang di Indonesia
Ilustrasi Sungai Barito ((FOTO ANTARA/KASRIADI)

Sungai yang mengalir dari pegunungan Schwaner hingga laut Jawa ini, memiliki panjang 890 kilometer. Sungai ini berlokasi di Kalimantam Tengah hingga Selatan. 

Uniknya, di sebagian wilayah sungai ini, terdapat pasar apung yang menjadi pasar tradisional di atas sungai. Daerah-daerah yang dikelilingi sungai ini juga menjadikan sungai Barito sebagai objek wisata dan sumber penghidupan. 

4. Sungai Mahakam 

sungai terpanjang di Indonesia
Sungai Mahakam (pesonaindo.com)

Dengan 920 kilometer, sungai terpanjang di Indonesia ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai barat hingga Kota Samarinda. terlihat dari kota tersebut bahwa sungai Mahakam terletak di provinsi Kalimatan Timur dan bermuara di selat Makassar. 

Sungai Mahakam cukup memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat setempatnya, seperti digunakan untuk sarana transportasi hingga perikanan. 

5. Sungai Kapuas

sungai terpanjang di Indonesia
Sungai Kapuas (indonesia.travel)

Sungai Kapuas adalah sungai paling panjang di Indonesia dengan panjang 1.143 kilomter. Sungai ini berada di provinsi Kalimantan Barat. 

Sungai ini dimulai dari Pegunungan Muller hingga Selat Karimata, yaitu laut China. Saking panjangnya sungai ini, daerah-daerah tepi sungai sering dijadikan objek wisata. 

Itulah 5 sungai terpanjang di Indonesia yang dapat kamu ketahui. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US