Habitat Ikan Air Tawar Rusak Akibat Tambang Emas Ilegal

- Rabu, 17 Juli 2019 | 17:33 WIB
ANTARA FOTO/Iggoy el fitra
ANTARA FOTO/Iggoy el fitra

Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (Peti) atau ilegal yang terjadi di hulu Sungai Batanghari merupakan faktor utama penyebab rusaknya habitat ikan dan perikanan perairan daratan di Provinsi Jambi.

“Masih maraknya aktivitas Peti di hulu Sungai Batanghari menyebabkan pencemaran sungai yang berdampak terhadap rusaknya habitat ikan air tawar,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M.Dianto saat membuka acara Simposium ikan dan perikanan perairan daratan di Jambi, Rabu (17/7/2019).

Saat ini sudah sangat sulit untuk menemukan spesies ikan baung sungai, ikan tapah dan spesies ikan-ikan hias di Sungai Batanghari. Pada sepuluh sampai lima belas tahun lalu, spesies ikan baung, ikan tapah dan spesies ikan-ikan hias tersebut sangat mudah ditemukan di Sungai Batanghari.

Pemerintah provinsi Jambi melalui instansi terkait telah berupaya melakukan penertiban terhadap aktivitas Peti di hulu Sungai Batanghari.

Namun dalam beberapa tahun terakhir aktivitas tersebut semakin marak terjadi, bahkan tidak hanya masyarakat sekitar, masyarakat dari luar daerah pun turut melakukan aktivitas penambangan di sepanjang Aliran Sungai Batanghari.

“Yang sangat memprihatinkan, banyak para cukong atau pemodal yang bermunculan untuk melancarkan aktifitas peti di hulu sungai itu,” katanya.

Ia berharap masyarakat dapat menjaga ekosistem dari hulu hingga hilir Sungai Batanghari sehingga kelestarian sungai dapat terjaga sehingga habitat ikan air tawar di daerah itu kembali seperti sediakala.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X