The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lazada Berikan Panduan Aman untuk Belanja Online
Ilustrasi belanja online. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Tech

Lazada Berikan Panduan Aman untuk Belanja Online

Apa saja yang harus dilakukan?

Senin, 04 Mei 2020 15:49 WIB 04 Mei 2020, 15:49 WIB

INDOZONE.ID - Kabar buruk yang menimpa Tokopedia atas bocornya 91 juta akun pengguna pada beberapa hari belakangan ini membuat masyarakat khawatir. Sebelumnya dikabarkan bahwa sekitar 15 juta akun pengguna dan 7 juta merchant di Tokopedia telah dijual di situs gelap (dark web).

Menurut akun Twitter @underthebreach data pengguna dan merchant Tokopedia telah dijual seharga Rp74 juta. 

Mengetahui kejadian miris ini, sejumlah e-commerce waspada untuk memastikan bahwa data penggunanya aman dan mendapat perlindungan standar global. 

tokopedia diretas
Ilustrasi aplikasi Tokopedia di handphone. (INDOZONE/Fahmy Fotaleno)

Seperti yang dilakukan Lazada, keamanan data konsumen merupakan prioritas. Dengan dukungan teknologi keamanan Alibaba, Lazada terus melakukan yang terbaik untuk melindungi data konsumen. Hal ini meliputi pelacakan rutin apabila ada aktivitas yang tidak biasa di sistem. 

"Perlindungan data konsumen adalah prioritas utama kami dan setiap tindakan yang kami lakukan untuk memastikan konsumen selalu memiliki pengalaman belanja yang aman dan menyenangkan di platform kami. Kami mengimbau konsumen kami untuk selalu waspada dan berhati-hati apabila berbelanja online," kata Ferry Kusnowo, Chief Customer Officer Lazada Indonesia saat dihubungi Indozone, Senin (4/5/2020).

belanja online
Ilustrasi belanja online. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Berikut ini adalah tiga tips dasar yang bisa menjadi panduan konsumen saat belanja online di platform digital Lazada.

  1. Selalu lindungi akun anda dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan unik, serta ganti kata sandi Anda secara rutin.
     
  2. Jangan berikan detail akun dan kata sandi Anda, termasuk One Time Password (OTP), kepada siapa pun secara online maupun melalui telepon. Data-data tersebut bersifat pribadi dan rahasia. Penjual maupun karyawan Lazada, tidak diperkenankan menanyakan akun detail, kata sandi ataupun OTP Anda.
     
  3. Semua transaksi Lazada harus dituntaskan melalui situs resmi ataupun aplikasi mobile resmi. Untuk itu, mengimbau Anda untuk tidak mengklik link yang tidak biasa (bukan dari domain Lazada) yang dapat mengarahkan Anda ke laman tipuan dan meminta nama pengguna dan juga kata sandi Anda. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US