The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

TikTok dkk Diblokir dari India, Pemerintah Tiongkok: Kami Sangat Prihatin
Ilustrasi logo aplikasi TikTok (photo/REUTERS)
Tech

TikTok dkk Diblokir dari India, Pemerintah Tiongkok: Kami Sangat Prihatin

Kamis, 02 Juli 2020 12:41 WIB 02 Juli 2020, 12:41 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu yang lalu pemerintah India telah memblokir 59 aplikasi buatan developer Tiongkok karena dianggap sudah melakukan mata-mata ke para penggunanya di India. Keputusan tersebut diambil di tengah konflik antara India dengan Tiongkok belakangan ini.

Alhasil beberapa aplikasi terkenal seperti TikTok, ShareIT, UC Browser, hingga Mobile Legends pun diblokir dan tidak dapat digunakan masyarakat di India sampai saat ini.

"Pengumpulan data yang mengganggu keamanan dan pertahanan nasional India, menimbulkan rasa khawatir sangat mendalam sehingga membutuhkan tindakan darurat," ucap Kementerian Teknologi dan Informasi India.

Ilustrasi logo aplikasi TikTok
Ilustrasi logo aplikasi TikTok (photo/REUTERS/Dado Ruvic)

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian pun mengatakan bahwa pihaknya sangat prihatin dan kecewa atas larangan yang diambil oleh pemerintah India ini.

"Tiongkok amat prihatin terhadap pengumuman pihak India. Kami sedang memeriksa dan segera melakukan verifikasi terhadap situasi ini,"ucap Zhao seperti yang dikutip dari Hindustan Times.

"Pemerintah India memiliki tanggung jawab sendiri untuk menjunjung tinggi hal legal, termasuk juga di Tiongkok. Kerja sama Tiongkok dan India selama ini sebenarnya saling menguntungkan satu sama lain," lanjut Zhao yang merasa heran dengan pelarangan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US