The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Startup Milik Swedia Luncurkan Jetson ONE, Kendaraan Udara Listrik Pribadi Terkemuka
Jetson ONE. (Photo/Instagram/@jetson)
Tech

Startup Milik Swedia Luncurkan Jetson ONE, Kendaraan Udara Listrik Pribadi Terkemuka

Selasa, 26 Oktober 2021 21:23 WIB 26 Oktober 2021, 21:23 WIB

INDOZONE.ID - Para penggemar Star Wars tentu tidak sabar dengan munculnya sebuah kendaraan terkemuka. Kendaraan itu bertenaga listrik yang hanya bisa dinaiki oleh satu orang dan dibuat oleh perusahaan asal Swedia, eVTOL Swedia.

Pesawat tersebut dinamai Jetson. Kendaraan udara listrik pribadi Jetson ONE hadir setelah prototipe yang sukses pada tahun 2018. 

Kini perusahaan tersebut telah menciptakan versi terbaru yang mudah dipakai konsumen, yakni ONE eVTOL yang telah terjual habis untuk produksi terbatas untuk tahun 2022 dan sekarang menerima pesanan untuk tahun 2023.

Sebuah video peluncuran kendaraan menunjukkan itu bergerak di atas tanah di tempat gurun yang sangat mirip Tatooine di film Star Wars. Menurut situs web perusahaan, kendaraan itu dapat terbang hingga 20 menit setiap kali dan mencapai kecepatan maksimum 63 mph.

Dipesan 150 Negara

Saat ini, industri global untuk teknologi eVTOL dan transportasi udara komersial memiliki lebih dari 150 negara yang mencoba membuat mobil terbang tetapi semuanya dalam tahap pengembangan.

Baca juga: Prestasi Baru Elon Musk, Tesla Jadi Perusahaan Terbesar dengan Kekayaan Rp14 Kuadriliun

"Jetson ONE dibuat dengan kerangka ruang aluminium kaku dengan delapan motor listrik yang bertenaga. Jetson ini menggunakan serat karbon komposit dan komponen cetak 3D mutakhir, menjadikannya desain yang sangat ringan. dilengkapi dengan banyak fitur keselamatan termasuk sistem propulsi redundan dan parasut balistik. Terbang adalah mimpi," kata pendiri dan Direktur Teknis Jetson Tomasz Patan.

Di sisi lain, Co-founder Peter Ternstrom menambahkan bahwa misi mereka untuk membuat penerbangan tersedia bagi semua orang. 

"Jetson ONE adalah helikopter listrik yang dapat Anda miliki dan terbangkan. Kami bermaksud menjadikan semua orang sebagai pilot," katanya.

Harga Jetson ONE

Jetson memiliki rencana untuk mengirimkan versi komersial prototipe mereka pada tahun 2023 tetapi biaya yang sama tidak akan murah. Satu reservasi senilai 92.000 USD (Rp1,2 miliar). Produksi kendaraan Jetson ONE 2022 akan dimulai musim panas mendatang, dengan pengiriman menyusul pada musim gugur.

Jetson adalah startup Swedia yang didirikan oleh Peter Ternstrom dan Tomasz Patan pada tahun 2017 yang berspesialisasi dalam kendaraan lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US