Survey Ungkap Beberapa Masalah yang Sering Dihadapi User Apple

- Senin, 24 April 2023 | 13:00 WIB
Ilustrasi pengguna iPhone. (REUTERS/Thomas Peter)
Ilustrasi pengguna iPhone. (REUTERS/Thomas Peter)

Sebuah survey yang dilakukan oleh LocalCircles memaparkan bahwa pengurasan baterai, kerusakan tampilan, dan biaya perbaikan yang mahal adalah beberapa keluhan utama pengguna Apple

Survey tersebut diikuti oleh sebanyak 22.000 orang dan diharapkan pihak Apple membaca hasil survey-nya untuk meningkatkan kualitas perangkat dan pelayanannya yang masih jauh dari kata sempurna. 

Baca Juga: Penelitian: Gen Z di Amerika Lagi Suka Pakai HP Jadul ketimbang HP Canggih

63 persen dari total responden survey adalah laki-laki, sedangkan 37 persen adalah perempuan. Dari total pengguna yang disurvey, 47 persen berasal dari tingkat 1, 35 persen dari tingkat 2 dan 18 persen responden berasal dari tingkat 3, 4 dan pedesaan.

Hasilnya, hampir 3.800 pemilik Apple memiliki masalah dengan perangkat yang berusia kurang dari 3 tahun. Masalah paling umum yang dihadapi oleh pengguna seperti pengosongan baterai yang cepat, kerusakan tampilan layar, dan baterai yang cepat panas. 

Masalah lain yang cukup sering dialami oleh pengguna Apple adalah tingginya biaya layanan dan perbaikan perangkat.

-
Ilustrasi pengguna iPhone. (REUTERS/Tatyana Makeyeva)

Pada tahun 2022, ada 2.344 pengguna Apple memberikan umpan balik dalam studi Right to Repair. Dikatakan bahwa sekitar setengah dari mereka memiliki perangkat Apple berusia kurang dari tiga tahun yang perlu diperbaiki. 

Namun, pengguna kecewa karena biaya perbaikan pada perangkat Apple miliknya memakan biaya yang sangat tinggi, baik perbaikan lewat Apple maupun mitranya. 

"22% tidak memerlukan perbaikan perangkat, 19% tidak memeriksa biaya perbaikan melalui Apple dan menyelesaikannya secara mandiri, sementara itu hanya 10% mengatakan bahwa biaya perbaikan Apple masuk akal,” kata laporan tersebut.

Baca Juga: Penelitian Sebut Gen Z Gak Bisa Pakai Printer Kantor, Terus Bisanya Apa Dek?

“Aspek yang lebih kritis dari sudut pandang konsumen adalah kualitas produk, keandalan, respons layanan, dan keterjangkauan layanan pada produk Apple. Ini adalah area yang membutuhkan perhatian segera dari Apple karena survei menemukan bahwa persentase yang cukup besar dari konsumen Apple telah menghadapi masalah dengan perangkat mereka yang berusia kurang dari 3 tahun dan banyak yang menganggap biaya perbaikan Apple tidak terjangkau dan karenanya menggunakan perbaikan lokal," sambungnya. 

Gimana guys? Apakah kamu setuju dengan hasil survey tersebut? 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X