The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Google Hapus 813 Aplikasi Berisi Creepware dari Play Store, Apa Itu?
Tampilan Google Play Store di Android (photo/AndroidPIT)
Tech

Google Hapus 813 Aplikasi Berisi Creepware dari Play Store, Apa Itu?

Kamis, 14 Mei 2020 10:42 WIB 14 Mei 2020, 10:42 WIB

INDOZONE.ID - Google baru-baru ini dilaporkan telah menghapus sebanyak 813 aplikasi berbahaya dari Play Store yang dikategorikan sebagai aplikasi Creepware. Lalu apa yang dimaksud dengan aplikasi Creepware tersebut?

Creepware sendiri merupakan salah satu jenis aplikasi berbahaya selain Adware, Spyware, dan Malware yang memiliki kemampuan mirip seperti sebuah penguntit.

Menurut para akademisi dari New York University, Creepware ini merupakan sebuah aplikasi yang tidak memiliki fitur layaknya spyware namun masih dapat dipakai untuk memata-matai korbannya secara tak langsung maupun langsung.

Maka dari itulah Creepware dianggap sebagai salah satu aplikasi yang cukup berbahaya jika terinstall di perangkat pengguna.

Untuk mengatasi penyebaran aplikasi Creepware, para akademisi dari New York University, Cornell Tech dan juga NortonLifeLock pun membuat algoritma yang bernama CreepRank untuk mengidentifikasi aplikasi dengan kelakuan seperti Creepware.

Salah satu hal yang dapat dilakukan pengguna untuk mencegah aplikasi seperti ini terinstall di smartphone mereka adalah dengan melihat dengan detail aplikasi yang ingin diunduh dan juga pengembangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US