The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kripto Dinilai Sama Seperti Trading Atau Cuma Judi?
Bitcoin makin merosot. (REUTERS/Dado Ruvic)
Tech

Kripto Dinilai Sama Seperti Trading Atau Cuma Judi?

Minggu, 26 Juni 2022 16:15 WIB 26 Juni 2022, 16:15 WIB

INDOZONE.ID - Aset digital atau uang kripto menjadi polemik setelah artis Angel Lelga melaporkan penipuan bisnis Angel Token ke Polres Metro Jakarta Selatan. Lantas kripto sendiri apakah masuk dalam kategori trading atau bahkan judi?

Praktisi hukum sekaligus pengacara Angel Lelga, Deolipa Yumara menilai saat ini banyak masyarakat yang belum mengenal kripto. Bahkan dirinya sendiri juga tidak mengetahui mendalam mengenai kripto.

"Kita praktisi hukum baik artis, teman-teman media, masyarakat kita semua belum terlalu paham dengan kripto. Saya sendiri sebagai pengacara belum paham banget tapi lama-lama paham, tapi sudah terlambat, sudah ada korban," kata Deolipa dalam diskusi hukum yang digelar Forum Wartawan Polri di Jakarta, baru-baru ini.

Deolipa menyebut aturan mengenai kripto sendiri sejatinya sudah ada di Indonesia dan sudah diatur oleh Bappeti. Namun, mengenai kripto sendiri menurutnya bukanlah aset melainkan hanya data yang didagangkan.

"Jadi untuk kripto sendiri itu bukan nama uang, dia aset komuditi disahkan Bappeti. Belakangan kripto masuk sebagai yang didagangkan padahal kripto adalah data digital," beber Deolipa.

BACA JUGA: Harga Bitcoin Anjlok, Presiden El Salvador Gak Ambil Pusing: Tenang, Nanti Juga Naik Lagi

Lebih jauh Deolipa menilai kripto sama seperti kegiatan judi. Sebab, dalam kripto tidak ada yang untuk 100 persen.

"Kita disini kita harus menjelaskan kepada masyarakat dan negara walupun ini legal tapi kalau judi, judi itu satu menang tiga kalah," kata Deolipa.

Penanganan Kasus Kripto di Indonesia Dinilai Masih Lemah

Lebih jauh Deolipa menyebut penanganan kasus kripto di Indonesia dinilainya masih sangat lemah.

"Sebagai praktisi hukum penanganan kripto di negara belum terlalu kuat jadi negara masih lemah kalau terjadi penyimpangan pemain kripto," pungkas Deolipa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US