Celah Keamanan di iOS 13 Mungkinkan Hacker Untuk Lihat Kontak Pengguna
photo/Engadget
Tech

Celah Keamanan di iOS 13 Mungkinkan Hacker Untuk Lihat Kontak Pengguna

Ferry Andika
Senin, 16 September 2019 20:20 WIB 16 September 2019, 20:20 WIB

INDOZONE.ID - Apple beberapa waktu yang lalu telah membuka tahap open beta untuk sistem operasi terbarunya yang bernama iOS 13. Namun ternyata terdapat sebuah celah keamanan yang cukup berbahaya di sistem operasi tersebut.

Celah tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti keamanan yang bernama Jose Rodriguez. Pada saat itu Jose menemukan sebuah celah di iOS 13 yang dapat memungkinkan hacker untuk melihat kontak para pengguna iPhone yang menggunakan iOS 13.

Jose juga mengatakan bahwa sebenarnya celah ini pertama kali ditemukan di iOS 12.1. Namun celah ini dilaporkan muncul kembali di iOS 13. Maka dari itu Jose menghimbau Apple untuk segera mengatasi masalah tersebut agar nantinya tidak ada hacker yang menggunakan celah tersebut untuk berbuat jahat.

Diketahui bahwa celah tersebut dapat membuat hacker untuk meminta asisten virtual Siri untuk melakukan panggilan FaceTime. Setelah itu hacker tersebut akan memanfaatkan teknologi 3D Touch yang terdapat di iPhone untuk melihat semua kontak yang ada di smartphone korban.

Beruntungnya bahwa celah ini tidak terdapat di beberapa model iPhone yang tidak memiliki fitur 3D Touch. Namun Apple mengatakan bahwa masalah ini akan mereka selesaikan bersamaan dengan peluncuran iOS 13 yang akan segera dirilis pada tanggal 19 September 2019 nanti.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Ferry Andika

Ferry Andika

Editor
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE