Terciduk Lakukan Plagiarisme, Akun YouTube Calon Sarjana Minta Maaf
photo/YouTube/JT
Tech

Terciduk Lakukan Plagiarisme, Akun YouTube Calon Sarjana Minta Maaf

Ferry Andika
Jumat, 08 November 2019 10:03 WIB 08 November 2019, 10:03 WIB

INDOZONE.ID - Seorang YouTuber bernama JT baru saja mengunggah sebuah video yang menjelaskan tentang akun YouTube terkenal asal Indonesia yang telah mengambil konten milik JT secara mentah-mentah dan tidak mencantumkan sumber.

Ya, channel YouTube yang dimaksud tersebut adalah Calon Sarjana. Diketahui channel YouTube Calon Sarjana saat itu mengunggah sebuah video yang berjudul 'Parlophone Records, Channel YouTube No #1 yang Mengalahkan T-Series'.

Calon Sarjana
photo/YouTube/JT


Diketahui video tersebut memiliki thumbnail serta isi video yang sama persis dengan yang diunggah oleh JT di akun YouTube miliknya, hanya saja Calon Sarjana menghadirkan suara dengan bahasa Indonesia agar mudah dimengerti para penontonnya. Hal tersebut tentu membuat JT sangat kesal dan akhirnya mengunggah video yang berisi bukti bahwa Calon Sarjana memang melakukan plagiarisme.

Lantas masalah tersebut pun langsung viral di internet. Bahkan kata Calon Sarjana diketahui sempat masuk ke trending topic Twitter Indonesia. Pihak channel Calon Sarjana pun menuliskan permintaan maaf mereka karena telah melakukan hal tersebut.

"Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube "JT" @JTonYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan." tulis akun Calon Sarjana.

Namun masalah plagiarisme yang dilakukan oleh akun YouTube Calon Sarjana bukan terjadi sekali saja. Diketahui terdapat puluhan video Calon Sarjana lainnya yang juga mengambil thumbnail serta isi konten dari channel-channel YouTube lain.

Bahkan salah satu penulis, sutradara, dan pelawak terkenal yaitu Ernest Prakasa juga sempat membahas masalah tersebut dan mengatakan bahwa ia sangat menentang jika ada content creator yang melakukan plagiarisme.

"Sori banget nih. Tapi sebagai sesama seniman/kreator, gw gampang banget kepancing emosi kalo ada kasus pencurian ide. Apalagi oleh korporasi, dan dilakukan berulang-ulang untuk mengeruk keuntungan. Bajingan." tulis akun Ernest Prakasa.

Sekedar informasi, channel YouTube Calon Sarjana sendiri merupakan salah satu group dari perusahaan media terkenal yaitu INFIA yang sudah memiliki jumlah subscribers sebanyak 12 juta lebih. Sampai saat ini pihak INFIA sendiri masih belum memberikan konfirmasi terkait hal tersebut.

INFIA Groups
photo/YouTube/BukaLapak

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Ferry Andika

Ferry Andika

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU