Panitia Ungkap Kesiapan Upacara Pembukaan PON Papua Sudah 95 Persen

- Rabu, 29 September 2021 | 15:47 WIB
Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda berbicara kepada wartawan terkait pelaksaan PON XX Papua (ANTARA/Evarianus Supar
Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda berbicara kepada wartawan terkait pelaksaan PON XX Papua (ANTARA/Evarianus Supar

Persiapan upacara pembukaan pesta olahraga terbesar se-Nusantara, PON Papua 2021 dilaporkan sudah mencapai 95 persen dan berjalan lancar tanpa kendala signifikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda, Rabu (28/9/2021).

"Semuanya sudah 95 persen, sisanya tinggal pelaksanaannya saja," kata Yunus Wonda dikutip dari Antara.

"Tidak ada kendala signifikan. Kami berharap semuanya akan berjalan dengan baik di Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan juga Kabupaten Merauke," tambahnya.

Opening ceremony PON Papua akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura pada 2 Oktober 2021 dengan menampilkan keindahan dan kekayaan Bumi Cenderawasih.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Kompetisi Liga 2 di Luar Jawa Bergulir Kembali, Ini Syaratnya

Selain segala aspek persiapan sudah berjalan dengan baik, sejumlah pertandingan di 4 klaster yang telah bergulir sebelum opening ceremony PON Papua pun demikian.

Terkait upacara pembukaan, Yunus Wonda mengungkapkan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga telah meninjau langsung lokasi untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara yang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo itu.

Selain keamanan, PB PON Papua juga akan menerapkan prosedur tetap (protap) dan mengikuti protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi COVID-19.

Pemerintah juga telah menetapkan maksimal hanya 25 persen dari total kapasitas stadion yang mencapai 40.000 orang yang hadir dalam upacara pembukaan PON Papua. Jumlah tersebut sudah termasuk atlet, ofisial, dan tenaga pendukung lainnya.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, tersedia pula gerai vaksin di sejumlah titik di area Stadion Lukas Enembe, salah satunya di depan Arena Akuatik Kampung Harapan.

Dengan demikian, pengunjung juga bisa melakukan vaksinasi sebagai syarat untuk menyaksikan setiap pertandingan yang bergulir selama pelaksanaan pesta olahraga 4 tahunan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X