Profil Dito Ariotedjo, Calon Menpora yang Bakal Dilantik oleh Presiden Jokowi Hari Ini

- Senin, 3 April 2023 | 11:53 WIB
Calon Menpora Dito Ariotedjo (instagram/@ditoariotedjo)
Calon Menpora Dito Ariotedjo (instagram/@ditoariotedjo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) baru pengganti Zainudin Amali, hari ini Senin (3/4/2024). Adapun nama yang digadang-gadang bakal menduduki kursi Menpora yakni Politisi Golkar Dito Ariotedjo.

Dito Ariotedjo disebut-sebut dipilih untuk menggantikan Zainudin Amali yang telah mengajukan surat pengunduran diri selaku Menpora sejak 9 Maret 2023.

Amali mengundurkan diri dari jabatan Menpora karena ingin fokus membangun sepak bola Indonesia setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI.

"Ya benar dilantik," kata salah satu sumber di kalangan istana kepresidenan sebagaimana dilansir Antara, Senin (3/4/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Menpora dan Kepala BNPT Baru Hari Ini

Lalu bagaimana sih profil Dito yang merupakan calon menteri termuda?

Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau lebih dikenal Dito Ariotedjo lahir 25 September 1990. Dito merupakan seorang aktivis sosial dan politikus Indonesia dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Dito merupakan anak dari Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo. Ia adalah anak ketiga dari tiga bersaudara.

Dua kakak Dito yaitu Aryo Prakoso Ariotedjo dan Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo.

Dito Ariotedjo merupakan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui juga menjadi Ketua Panitia HUT Golkar ke-58 pada tahun lalu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pusing 2 Minggu Mikirin Bola, Erick Thohir: Sama Pak

Pria berusia 32 tahun ini merupakan seorang pengusaha, dan pada tahun 2021 lalu bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport.

Di bidang olahraga, Dito pernah pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina. Dito juga menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Selain itu Dito kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X