Presiden Jokowi Lantik Menpora dan Kepala BNPT Baru Hari Ini

- Senin, 3 April 2023 | 10:07 WIB
Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Menpora dan Kepala BNPT baru hari ini, Senin (3/4/2023). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Menpora dan Kepala BNPT baru hari ini, Senin (3/4/2023). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) baru pengganti Zainudin Amali, hari ini Senin (3/4/2024). Adapun pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pukul 16.00 WIB.

Sejauh ini belum diketahui siapa sosok yang akan dilantik Presiden Jokowi menjadi Menpora. Namun, kursi Menpora kemungkinan akan kembali diduduki kader Partai Golkar.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebelumnya mengakui telah mengajukan sejumlah nama kader Golkar, sebagai calon Menpora pengganti Zainudin Amali ke Presiden Joko Widodo.

"Sudah ada di kantongya beliau (Presiden Jokowi)," kata Airlangga di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Sinyal Segera Reshuffle Kabinet

Hanya saja, Airlangga tidak membeberkan secara gamblang soal nama-nama yang diserahkannya ke kepala negara. Ia hanya menyebut, calon menpora yang diajukannya adalah laki-laki dan perempuan.

"Ada laki-laki, ada perempuan," ucapnya.

Kendati demikian, Airlangga menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi untuk memilih satu dari nama-nama yang telah diserahkan tersebut. Sebab, keputusan memilih menteri merupakan hak prerogatif presiden.

"Terserah Bapak Presiden," pungkas Airlangga.

Sebelumnya, Zainudin Amali mengundurkan diri sebagai Menpora setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Sementara ini, kursi Menpora dijabat Pelaksana Tugas (Plt) Menko PMK Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Airlangga Ungkap Kandidat Calon Menpora: Ada yang Muda, Ada yang Merasa Muda

Selain Menpora, kepala negara juga akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) baru, menggantikan Boy Rafli Amar yang akan memasuki masa pensiun. Kini, Boy Rafli juga sudah dipindahtugaskan ke posisi pati Densus 88 menjelang akhir masa bakti.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah merekomendasikan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT yang baru. Rekomendasi tersebut tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/712/III/KEP./2023 dan ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023, yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X