The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Meski Tanpa Tangan, Pria ini Buktikan Dirinya Bisa Jadi  Pembalap Profesional
Pria tanpa tangan yang berhasil menjadi pembalap profesional. (Instagram/bartosz_ostalowski)
Sport

Meski Tanpa Tangan, Pria ini Buktikan Dirinya Bisa Jadi Pembalap Profesional

Jumat, 15 Oktober 2021 13:20 WIB 15 Oktober 2021, 13:20 WIB

INDOZONE.ID - Seorang pria bernama Bartek Ostalowski harus kehilangan kedua tangannya saat kecelakaan motor pada 2006. 

Walau kehilangan tangan, namun pria penggemar balap mobil itu tak kehilangan mimpinya untuk menjadi seorang pembalap profesional.

Terbukti, ia berhasil menggunakan kakinya untuk mengendarai mobil, bahkan ia bersaing dengan pembalap lain dalam kompetisi drifting.

Dikutip dari Oddity Central, Jumat (15/10), Bartek kecelakaan saat usianya masih 20 tahun. Kehilangan tangan tentu membuatnya sulit beraktivitas banyak, terlebih ia dihadapkan dengan tantangan untuk bisa mengendarai mobil di arena balap.

Dengan semangat yang tinggi, Bartek bisa membuktikan dirinya untuk terus maju. Dalam kurun 3 tahun, ia menjadi ahli manuver mobil balap dengan menggunakan kakinya.

Agar bisa mengendarai mobilnya, ia memodifikasi mobil Nissan Skyline GT-R sesuai dengan kebutuhannya, menambahkan mesin baru, gearbox independen dan transmisi yang lebih kuat.

Bartek menggunakan kaki kanannya untuk mengontrol pedal dan kaki kirinya untuk menyetir.

"Setelah kecelakaan saya, saya mencari solusi. Saya bertanya pada diri sendiri apakah saya ingin balapan lagi, apa yang harus saya lakukan,?" katanya.

"Saya mendengar tentang seseorang di Polandia yang, seperti saya, tidak memiliki lengan, tetapi dia mengendarai mobil setiap hari tanpa masalah. Setelah bertemu dengannya, mimpi dan hasrat saya untuk balapan menjadi hidup dan kuat, dan saya membuat keputusan untuk kembali ke balapan suatu hari nanti," sambungnya.

Saat ini, Bartek adalah satu-satunya pembalap olahraga profesional di dunia yang mengemudi menggunakan kakinya.

Di tahun 2019, Bartek menempati posisi ke-9 dari 50 pembalap di kejuaraan Drift Polandia, salah satu seri kejuaraan paling kompetitif di seluruh Eropa.

Di 2018, ia memenangkan Seri Drift Ceko internasional setelah mengalahkan puluhan pembalap profesional lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US