Kembangkan Bisnis UMKM, PBA Gelar Turnamen Golf dan Eksibisi

- Kamis, 8 Juni 2023 | 14:06 WIB
Ilustrasi olahraga golf. (Freepik)
Ilustrasi olahraga golf. (Freepik)

Sebuah turnamen golf dan eksibisi yang dimotori oleh Pengurus PBA (Perkumpulan Bumi Alumni) akan segera digelar. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan produk UMKM binaan PBA agar dapat naik kelas ke nasional dan internasional.

Ide digelarnya turnamen golf dan eksibisi tersebut hadir dalam pertemuan dengan Pemimpin Pengurus PBA, Ary Zulfikar, dengan Ketua Dewan Pembina PBA,  Bambang Soesatyo (Bamsoet), di rumahnya, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. 

Dalam pertemuan tersebut, PBA melaporkan kepada Ketua Dewan Pembina PBA, rencana penyelenggaraan turnamen Golf dan eksibisi UMKM pada bulan September tahun 2023. Kegiatan turnamen Golf dan eksibisi UMKM adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh PBA.

“Acara ini merupakan event tahunan, yang kami selenggarakan biasanya selain ada turnamen golf, dibarengi juga dengan acara pameran produk-produk UMKM,” jelas Ary Zulfikar kepada media di Jakarta, (07/06). Tercatat PBA sudah dua kali menyelenggarakan turnamen Golf, pertama tahun 2020, tahun 2021 absen karena Covid 19, Tahun 2022 turnamen Golf dan eksibisi UMKM kembali di selenggarakan. 

Baca Juga: Baru 2 Minggu Umumkan Pensiun, Gareth Bale Langsung Ikut Turnamen Golf

Dari tahun ke tahun acara yang diselenggarakan PBA berhasil mempertemukan antara pelaku bisnis UMKM dan para buyer, yang berasal tidak hanya dari peserta golf dan masyarakat umum. Nilai transaksi bisnis yang dihasilkan juga terus mengalami peningkatan. Selain itu yang terpenting adalah awarness produk UMKM yang dikelola PBA semakin dikenal luas.

Selaku  Ketua Dewan Pembina, Bambang Soesatyo menyambut baik rencana penyelenggaraan turnamen golf dan eksibisi UMKM yang dilakukan oleh PBA. Apalagi terbukti  adanya turnamen tersebut, berdampak sangat positif terhadap pelaku bisnis UMKM. 

“Kami sangat mendukung adanya event turnamen golf dan eksibisi UMKM, sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan level produk-produk UMKM. Sebagai bagian dari ajang promosi yang dilakukan oleh PBA,” ujarnya saat menerima kedatangan para pengurus PBA. 

-
PDA gelar turnamen golf demi tingkatkan bisnis UMKM. (Ist)

Apalagi pihaknya juga memiliki komitmen untuk mendorong para pelaku bisnis UMKM, untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kapasitas bisnisnya, tidak hanya bermain di industri kecil namun juga mulai merambah usaha menengah dan besar.

“Bahkan saya sangat mendorong agar, produk UMKM yang dikelola PBA untuk di ekspor juga ke luar negeri,” ujarnya. 

Kepedulian Ketua MPR, Bambang Soesatyo  dalam bisnis UMKM, ini diwujudkan dengan membuat usaha yang bernama PT BAMS, yang bergerak di bidang industri olahan makanan ringan di Banjarnegara. Ia berharap agar PBA nantinya bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan PT BAMS untuk mengembangkan bisnis UMKM.

Baca Juga: Pesona Atthaya Thitikul, Pegolf Muda Cantik Thailand yang Cetak Sejarah Jadi Nomor 1 Dunia

Menurutnya pasar produk UMKM masih sangat besar peluangnya, tidak hanya di dalam negeri saja namun juga hingga ke luar negeri. Dalam kesempatan tersebut, PBA mengusulkan menggarap pasar ekspor  bekerjasama  dengan diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai negara. 

Selaku Ketua PBA, Ary Zulfikar sangat antusias dan menyambut ajakan Bambang Soesatyo, untuk bekerja bersama-sama membesarkan bisnis UMKM. Terkait turnamen Golf dan eksibisi UMKM, ia sangat berterima kasih, karena Bamsoet sangat mensupport. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X