Piala Presiden Bola Basket 2019 Siap Digelar

- Senin, 18 November 2019 | 17:34 WIB
Pelita Jaya Basketball siap ramaikan Piala Presiden Bola basket 2019. (Instagram/@pelitajayabasketball)
Pelita Jaya Basketball siap ramaikan Piala Presiden Bola basket 2019. (Instagram/@pelitajayabasketball)

Pada IBL musim depan, tidak akan ada turnamen pramusim. Sebagai gantinya, akan ada Piala Presiden Bola Basket 2019 yang berlangsung dari 20-24 November 2019 di Sritex Arena, Solo Jawa Tengah.

Turnamen ini juga sebagai ajang persiapan jangka panjang menyambut gelaran Piala Dunia Basket 2023 yang akan berlangsung di Indonesia.

Ketua panitia pelaksana Piala Presiden 2019, Cahyadi Wanda menambahkan, Piala Presiden Bola Basket ini merupakan rangkaian Piala Presiden yang sukses digelar pada beberapa cabang olahraga.

"Kami sudah menggelar turnamen Piala Presiden untuk sepak bola. Lalu, kami berpikir kenapa tidak di basket juga? Apalagi Indonesia bakal jadi tuan rumah Piala Dunia Basket tahun 2023 mendatang," kata Cahyadi.

Perhatian masyarakat memang menjadi sangat penting bagi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. 

Karena sebagai tuan rumah, Indonesia sangat berharap masyarakat bisa datang dan meramaikan setiap venue yang nantinya digunakan untuk menggelar pertandingan.

Karenanya, kualitas pertandingan akan sangat menentukan bagi kesuksesan ajang Piala Presiden kali ini.

Itulah kenapa kemudian pihak penyelenggara menyiapkan hadiah yang cukup besar. Bahkan menjadi jumlah hadiah terbesar yang pernah diberikan pada sebuah ajang basket nasional yakni sebesar Rp375 juta.

"Ini akan menjadi hadiah terbesar di ajang basket nasional. Dalam penyelenggaraan ini kami berkordinasi dengan IBL bukan hanya penyusunan jadwal saja, tapi yang penting juga bekerjasama untuk melibatkan klub profesional di liga tertinggi dan menjadikan ini juga sebagai ajang pemanasan jelang musim IBL 2020 mendatang,” ujarnya lagi.

Piala Presiden 2019 nantinya akan membagi peserta menjadi tiga grup, turnamen ini akan menggunakan sistem round robbin, dimana hanya akan satu tim dari setiap grup yang berhak lolos ke babak empat besar, plus satu runner up terbaik.

Pada Piala Presiden Bola Basket 2019 kali ini ada sembilan tim yang memastikan diri berpartisipasi yakni Amartha Hangtuah, Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja, NSH Jakarta, Pacific Caesar Surabaya, Pelita Jaya Basketball, Prawira Bandung, Satria Muda Pertamina, Satya Wacana Salatiga dan tim pendatang baru Louvre Surabaya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X