The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apa Itu Pull Up? Simak Gerakan dan Manfaatnya Berikut Ini!
Pull up (unsplash/@gmb)
Sport

Apa Itu Pull Up? Simak Gerakan dan Manfaatnya Berikut Ini!

Kamis, 12 Mei 2022 17:04 WIB 12 Mei 2022, 17:04 WIB

INDOZONE.ID - Pull up bisa jadi pilihan olahraga untuk kamu yang ingin membentuk badan dan menjadikan dada lebih bidang.

Selain itu, pull up juga cocok dilakukan bagi kamu yang ingin menambah tinggi badan menjadi lebih proporsional.

Meski terkesan sederhana, ternyata gerakan pull up memiliki teknik tertentu dan mempunyai segudang manfaat.

Lalu, sebenarnya apa itu pull up, bagaimana gerakannya, dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Simak uraian Indozone berikut ini.

Apa Itu Pull Up?

pull up adalah
Pull up (unsplash/@gmb)

Pada dasarnya, pull up adalah gerakan menggantungkan tubuh di atas palang tumpuan menggunakan kedua tangan.

Kemudian tubuh ditarik sampai terangkat ke atas atau ke bawah mengandalkan kekuatan otot tangan yang sedang bergantung.

Pull up termasuk latihan kekuatan yang mampu meningkatkan massa otot dan memperkuat otot tubuh bagian atas.

Untuk melakukan pull up, diperlukan pull up bar yaitu tiang atau palang yang digunakan untuk menggantungkan tangan.

Biasanya, pull up bar terbuat dari besi atau baja yang kokoh, sehingga mampu menahan beban berat badan dengan maksimal tanpa takut terjatuh.

Selain bisa ditemukan di tempat fitness atau gym, pull up bar juga bisa dibeli secara bebas dan dipasang di antara daun pintu rumah.

Gerakan Pull Up

pull up
Pull up (pixabay/keven0223)

Setelah mengetahui apa itu pull up, gerakan pull up sudah bisa dilakukan dengan tumpuan yang lebih tinggi, supaya dapat bergantung.

Pastikan pula tiang tumpuan benar-benar kuat, untuk mencegah cedera akibat terjatuh. Adapun gerakan pull up yang benar yakni sebagai berikut:

  • Berdiri di bawah tumpuan (pull up bar) dengan kaki direntangkan selebar bahu.

  • Lompat kemudian genggam tumpuan dengan kuat menggunakan telapak tangan.

  • Angkat tubuh ke atas secara perlahan mencapai tumpuan dengan kekuatan otot tangan, sambil mengembuskan napas.

  • Tekuk lutut dan silangkan pergelangan kaki supaya posisi tetap seimbang.

  • Turunkan tubuh pelan-pelan hingga siku kembali lurus seperti posisi awal.

  • Saat naik dan turun, pertahankan kekuatan otot tangan agar posisi tubuh tetap terkontrol.

  • Ulangi gerakan pull up naik dan turun secara bertahap sesuai kemampuan.


Ketika baru pertama kali melakukan pull up, umumnya tubuh akan merasakan kelelahan berlebih, namun kondisi tersebut adalah hal yang wajar.

Manfaat Pull Up

apa itu pull up
Pull up (pixabay/anovva)

Pull up merupakan gerakan yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, karena melibatkan banyak otot yang ada di dalam tubuh.

Manfaat pull up biasanya dapat dirasakan setelah melakukan olahraga ini secara rutin, di antaranya:

1. Menambah tinggi badan

Pull up merupakan salah satu olahraga peninggi badan yang sangat direkomendasikan, karena gerakannya mampu meregangkan tulang.

Alhasil, tulang belakang menjadi lebih lurus dan tinggi badan bertambah panjang jika pull up dilakukan secara rutin.

2. Memperkuat otot punggung, lengan, dan bahu

Gerakan pull up mampu meningkatkan kekuatan otot punggung. Bagian otot punggung yang dimaksud yaitu:

  • Infraspinatus, yaitu otot punggung yang letaknya ada di tulang belikat.
  • Trapezius, yaitu otot punggung yang lokasinya berada di leher bagian belakang hingga bahu.
  • Thoracic erector spinae, yaitu otot punggung yang terdiri dari tiga otot dan membentang sepanjang tulang belakang.
  • Latissimus dorsi, yaitu otot punggung yang ukurannya paling besar. Otot ini membentang dari punggung bagian tengah hingga ke bawah ketiak dan tulang belikat.

Selain otot punggung, otot lengan dan bahu juga menjadi lebih kuat setelah rutin melakukan pull up.

3. Meningkatkan kekuatan genggaman tangan

Pull up sangat mengandalkan kekuatan otot tangan dan cengkeraman tangan. Itulah sebabnya, pull up mampu meningkatkan kekuatan genggaman tangan.

Genggaman tangan yang kuat, berguna untuk mendukung berbagai aktivitas, seperti membawa barang-barang yang berat, bermain golf, panjat tebing, dan bowling.

4. Memelihara kesehatan fisik dan mental

Berdasarkan American Journal of Lifestyle Medicine, latihan kekuatan seperti pull up mampu meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Dengan demikian, maka gejala kecemasan, depresi, dan kelelahan dapat berkurang, terutama pada orang dewasa.

5. Mengurangi nyeri sendi

Manfaat pull up lainnya yaitu gerakan ini bisa meminimalisir munculnya nyeri sendi, khususnya nyeri pada punggung bagian bawah.

Hal ini karena saat pull up, otot dan sendi telah terlatih bergerak sehingga intensitas nyeri bisa berkurang.

6. Menurunkan berat badan

Pull up ternyata bisa menurunkan berat badan berlebih sekaligus mengurangi risiko menderita obesitas.

Sebab, ketika pull up, proses metabolisme tubuh akan meningkat, yang membuat proses pembakaran kalori jadi lebih optimal.


Itulah penjelasan mengenai apa itu pull up lengkap dengan gerakan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Indriyana
Ikhsan
Editor
Indriyana
Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US